Wisatawan Gemar Membaca: Jenis Buku Yang Perlu Anda Baca Sembari Berwisata

Dalam artikel saya sebelumnya, saya telah menyinggung mengenai betapa banyaknya wisatawan yang berpikir kalau wisata itu seharusnya tenang dan tidak memiliki beban pikiran.

Artikel yang sama juga mengatakan kalau berbisnis seringkali identik dengan ketegangan, dan saya pun telah mengungkapkan bagaimana berbisnis atau berwirausaha selagi berwisata dapat dijadikan kegiatan yang santai.

Namun, masalah muncul ketika sepi order. Ada juga yang lebih parah: Bisnisnya berhenti di tengah-tengah wisata, yang makin memunculkan suasana haru-membiru. Aduuuuh!

Tenang saja, kita pun masih tetap dapat menenangkan diri dengan kegiatan produktif selanjutnya, yakni membaca.

Dengan membaca, kita akan memperoleh lebih banyak pengetahuan yang akan membentuk jati diri kita yang lebih baik. Membaca tidak seharusnya menjadi beban, karena kita akan dapat menerapkan berbagai macam ilmu dengan membaca.

Berikut ini adalah jenis-jenis bacaan yang saya rekomendasikan untuk kalian para wisatawan baca dalam perjalanan maupun saat tiba di tujuan wisata atau akomodasi:

Continue reading “Wisatawan Gemar Membaca: Jenis Buku Yang Perlu Anda Baca Sembari Berwisata”

Mengapa Villa Kota Bunga Patut Menjadi Tujuan Villa Anda Berikutnya?

Para pembaca, mari kita arahkan pandangan kita sejenak pada bagian kiri dari halaman utama situs sewa villa ini: Apa yang kita temukan?

Banyak sekali, salah satunya adalah area-area tempat menyewa villa, di mana area ini merupakan salah satu yang penting untuk dilirik para wisatawan.

Salah satu tempat atau area penyewaan villa pada situs sewa villa ini adalah Kota Bunga.

Kalau kita mendengar mengenai namanya, untuk kita yang tidak terlalu familiar dengan nama Kota Bunga, kita mungkin akan berpikir kalau itu adalah nama kota baru di Indonesia.

Padahal sebenarnya, Kota Bunga ini merupakan salah satu tipe villa yang ada di Puncak, Bogor. Ada alasan mengapa kumpulan villa-villa yang letaknya di Jawa Barat ini dijuluki Kota Bunga, yakni karena kedekatannya dengan berbagai macam tempat wisata bunga di Bogor.

Selain wisata bunga, berikut ini adalah alasan lain mengapa villa Kota Bunga sudah seharusnya menjadi tujuan villa Anda berikutnya:

Continue reading “Mengapa Villa Kota Bunga Patut Menjadi Tujuan Villa Anda Berikutnya?”

Berbagai Macam Villa Unik Di Luar Indonesia Yang Dapat Ditemukan Di Indonesia

Beberapa dekade lalu, villa menjadi salah satu jenis hunian populer yang ada di Indonesia. Hampir semua wisatawan yang berlibur ke Indonesia selalu memburu villa-nya yang indah, sehingga banyak villa sold out pada waktu itu.

Menjamurnya tren hotel maupun apartemen dengan cicilan yang ringan beberapa tahun berikutnya membuat villa nampak kalah pamor dengan berbagai apartemen nge-jreng di Indonesia.

Namun, itu bukanlah akhir dari segalanya, karena beberapa tahun belakangan ini, villa kembali muncul sebagai pilihan tempat tinggal wisatawan yang paling laris selain apartemen, rumah, atau tempat-tempat lain yang harganya bersahabat di kantong para wisatawan.

Ini tentu memunculkan harapan baru pada para pemilik villa.

Di satu sisi, tantangan muncul karena pemilik villa dari negara asing juga berlomba-lomba memasarkan villa mereka yang unik-unik bentuknya.

Agar dapat bersaing, berikut ini adalah bentuk villa dari luar negeri yang unik, namun sebenarnya juga sudah ada di Indonesia sehingga kita juga tidak usah mengeluarkan biaya terlalu banyak ke luar negeri:

Continue reading “Berbagai Macam Villa Unik Di Luar Indonesia Yang Dapat Ditemukan Di Indonesia”

Wisatawan Berwirausaha Di Indonesia, Mengapa Dan Apa Saja Manfaatnya?

Berwisata seringkali identik dengan bersenang-senang dan melepas kepenatan.

Terlepas dari ide wisata yang ideal untuk masing-masing kalangan wisatawan, berwisata lebih sering dipandang sebagai kegiatan santai yang seharusnya tidak menguras banyak pikiran.

Satu-satunya bagian yang sibuk dari berwisata adalah menentukan akomodasi yang tepat, apakah itu villa, apartemen, atau menyewa rumah harian.

Omong-omong mengenai sibuk, kita sebenarnya juga sibuk saat berwisata. Karena itu, mengapa tidak membuat kesibukan itu menjadi lebih berguna?

Misalnya saja, menjadi wirausaha dengan menyewa tempat usaha di berbagai tempat pada tujuan wisata.

Berikut ini adalah ulasan mengenai mengapa menjadi wirausaha sambil berwisata itu sebaiknya bukan menjadi sesuatu yang menegangkan, dan apa saja manfaat yang dapat diambil dari menjadi wirausaha sembari berwisata (yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya!):

Continue reading “Wisatawan Berwirausaha Di Indonesia, Mengapa Dan Apa Saja Manfaatnya?”

Lagu-Lagu Khas Indonesia Ini Sangat Boleh Anda Coba Di Perjalanan Anda, Para Wisatawan!

Selain rumah tempat tinggal, kendaraan juga menjadi salah satu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan.

Dengan memiliki kendaraan, bukan hanya kita dapat menghemat total biaya wisata, namun kita juga dapat memiliki berbagai pengalaman seru dari berkendara sebagai seorang (atau sekelompok) wisatawan.

Mengingat saya suka menyanyi, maka saya dapat mengatakan salah satu pengalaman seru berkendara bagi wisatawan adalah menyanyi.

Sejatinya, pengalaman apapun yang berhubungan dengan musik saat berkendara bukan merupakan pengalaman yang asing bagi sebagian besar wisatawan, mengingat lengkapnya fasilitas radio yang dimiliki oleh berbagai kendaraan masa kini, khususnya mobil.

Namun, berapa di antara kita yang meluangkan waktu untuk menyanyikan lagu-lagu asli Indonesia dalam mobil?

Berikut ini adalah lagu-lagu khas Indonesia yang menurut saya sangat recommended dan asyik untuk dicoba, sekaligus penerapan yang dijamin akan membuat perjalanan wisata Anda semua makin menyenangkan:

Continue reading “Lagu-Lagu Khas Indonesia Ini Sangat Boleh Anda Coba Di Perjalanan Anda, Para Wisatawan!”

Daya Tarik Pagoda Dan Kelenteng Di Indonesia: Apa Yang Membuat Wisatawan Tertarik?

Kalau berbicara mengenai pagoda, beberapa di antara kita yang bukan penganut Tridharma mungkin tidak akan terlalu ngeh.

Namun ketika dijelaskan mengenai bangunan tinggi serba merah, mungkin dari situlah kita baru tahu kalau itu namanya adalah pagoda.

Di bagian belahan dunia manapun, pagoda dan kelenteng, tempat ibadah umat Tridharma seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Setiap keluarga dengan marga tertentu berkumpul dan beribadah kepada dewa dan dewi mereka di kelenteng atau pagoda sesuai dengan hari dan jam yang telah ditentukan bersama.

Kendati memiliki natur sebagai tempat ibadah, nyatanya beberapa tahun ini menunjukkan semakin banyak orang yang menjadikan baik pagoda maupun kelenteng sebagai tempat wisata.

Hal ini terutama terjadi di Indonesia, negara dengan kemungkinan tempat wisata yang paling banyak. Berikut ini saya ulas mengenai apa saja daya tarik pagoda maupun kelenteng untuk dapat menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara ke dalamnya:

Continue reading “Daya Tarik Pagoda Dan Kelenteng Di Indonesia: Apa Yang Membuat Wisatawan Tertarik?”

Upacara Melasti, Upacara Keagamaan Yang Berubah Menjadi Objek Wisata

Upacara Melasti sejatinya adalah upacara yang dilakukan sehari sebelum hari raya yang dirayakan oleh tiap umat Hindu di seluruh dunia, yakni hari raya Nyepi.

Dalam persiapan maupun proses upacara ini, para pemuka agama serta aktivis di berbagai pura di Indonesia menjadi lebih sibuk dari biasanya. Kalau biasanya pura tidak lebih dari sekedar bangunan objek wisata yang berdiri tegak dengan ukirannya yang eksotis, pura menjelang hari raya Nyepi menjadi begitu ramai.

Hal tersebut terjadi khususnya di Bali, salah satu daerah di Indonesia dengan total jumlah umat Hindu terbanyak.

Kendati demikian, upacara Melasti di Bali lebih dari sekedar upacara keagamaan.

Tanpa meninggalkan kekhidmatan suasana upacara, upacara Melasti juga seakan “menjelma” menjadi salah satu objek wisata baru di Bali yang dapat dilihat serta dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa hal tersebut terjadi:

Continue reading “Upacara Melasti, Upacara Keagamaan Yang Berubah Menjadi Objek Wisata”

Wisata Ke Sektor Pemerintahan Di Indonesia, Mengapa Tidak Mungkin?

Sektor pemerintahan selalu identik dengan birokrasi, dan birokrasi selalu identik dengan segala sesuatu yang kompleks dan sangat resmi.

Hal ini cukup sering kita ketahui di berbagai pemberitaan di media massa yang terkait dengan sektor pemerintahan. Seolah-olah, salah satu sektor penting di Indonesia ini tidak memiliki cukup hiburan untuk ditawarkan.

Padahal apabila dikembangkan, sektor pemerintahan di Indonesia dapat menjadi salah satu jujugan wisata yang paling baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dengan membuka atau mengekspos sektor pemerintahan di Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata, kita akan lebih mudah mengajarkan nilai-nilai penting bangsa Indonesia dan hal-hal yang harus kita miliki atau hindari sebagai orang-orang yang berkunjung ke Tanah Air kepada orang-orang yang belum pernah mengetahuinya.

Maka, dengan artikel ini, saya akan memperlihatkan beberapa destinasi wisata yang berhubungan dengan kepemerintahan, khususnya yang ada di kota-kota besar di Indonesia:

Continue reading “Wisata Ke Sektor Pemerintahan Di Indonesia, Mengapa Tidak Mungkin?”

Barang-Barang Tak Lazim Yang Biasa Dipesan Wisatawan Indonesia

Kalau ada kaitannya dengan barang-barang, kita pada umumnya akan berpikiran kalau itu mungkin adalah oleh-oleh.

Sebagian besar barang-barang belian hasil wisata memang adalah oleh-oleh, namun alih-alih membahas di mana saja tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh layaknya pada artikel saya sebelumnya, saya akan membahas hal yang berbeda di sini.

Tidak hanya sekedar oleh-oleh, namun juga membahas jenis barang-barang belian untuk keperluan pribadi, orang-orang terdekat, maupun untuk khalayak umum.

Apapun tujuan pembeliannya, siapapun wisatawan Indonesia yang membeli barang-barang belian pada daftar ini patut diacungi jempol karena orisinalitasnya.

Habis, barang-barang belian dalam artikel ini memang anti-mainstream punya. Saya sebut demikian karena saya belum pernah mendengar ada wisatawan asing yang membeli barang-barang belian ini selama berlibur.

Inilah dia barang-barang yang tak lazim, namun banyak dibeli oleh orang-orang Indonesia selama liburan:

Continue reading “Barang-Barang Tak Lazim Yang Biasa Dipesan Wisatawan Indonesia”

Restoran Indonesia Cita Rasa Jepang Hoka Hoka Bento Dengan Gokana, Lebih Bagus Mana?

Bagi kita yang tidak memahaminya, mungkin kita akan berpikir kalau Hoka Hoka Bento (atau yang biasa disebut dengan Hokben) dan Gokana adalah asli made in Jepang.

Kendati demikian, kedua macam restoran anak muda dengan harga mahasiswa ini sesungguhnya adalah kreasi anak bangsa, yakni buatan Indonesia, meskipun pembuatannya terinspirasi dari kuliner Jepang.

Karena merupakan buatan Indonesia, saya berpikir untuk memasukkannya dalam blog yang berpusat pada wisata Indonesia ini.

Karena kedua restoran yang ramah di kantong pelajar, mahasiswa, maupun karyawan trainee ini sama-sama memiliki pilihan menu yang enak-enak, saya berpikir untuk membandingkannya agar dapat menjadi referensi bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Hokben maupun Gokana untuk makan.

Mari, kita teruskan membaca dan lihat perbandingannya:

Continue reading “Restoran Indonesia Cita Rasa Jepang Hoka Hoka Bento Dengan Gokana, Lebih Bagus Mana?”