Untuk Kamu yang Berjiwa Tenang, Objek Wisata Indonesia Ini Dapat Menjadi Jujuganmu

Jarang sekali orang mengaitkan pariwisata dengan tenang dan kalem. Seolah memang mengunjungi objek-objek wisata bukan ‘wilayah’ mereka.

Padahal, menurut pengamatan saya, orang-orang tenang ini juga memiliki potensi untuk menjelajah daerah-daerah tempat orang biasanya berwisata. Termasuk di dalamnya Indonesia.

Dengan kekayaan alamnya yang melimpah, sudah pasti Indonesia cocok untuk berpariwisata berbagai macam orang dari berbagai kepribadian yang beragam pula.

Sepengamatan saya, objek wisata untuk orang tenang tidak hanya sebatas tempat semedi saja. Kita yang berjiwa tenang juga dapat mengunjungi pantai, hutan, taman, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata di Indonesia yang saya pikir akan dapat memuaskan hasrat kalian untuk ketenangan:

1. Pantai Jimbaran, Kuta, Bali

Bali memang jagonya dalam menenangkan batin dan jiwa wisatawannya. Secara spesifik, pantai yang romantis ini cocok untuk kalian yang berjiwa tenang dan kontemplatif.

Berbicara soal keromantisan, kalian tidak perlu membawa pasangan untuk dapat menikmati keindahan malam di pantai yang letaknya di ujung daerah Kuta, Bali ini. Kalian juga dapat menikmati kesendirian dengan duduk di kursi selonjor yang amat nyaman, sambil menikmati bintang-bintang bertaburan di angkasa.

Nikmati juga ketenangan di area eksklusif yang ditawarkan oleh pantai Jimbaran sekitar pemandangan yang kaya warna. Kasur putihnya yang empuk dan nyaman serta dilengkapi selambu berwarna putih dijamin akan membuat pikiran kalian semakin rileks dan “menyatu dengan alam sekitar”.

2. Puncak Ayanna, Trawas, Mojokerto

Khusus kalian jiwa-jiwa tenang yang menyukai indahnya mentari di pagi hari dapat mencoba berwisata ke salah satu resor berukuran besar di Mojokerto ini.

Bagian bawah resor saja sudah cukup menenangkan. Apabila kalian bangun sangat pagi (sekitar pukul 5), kalian akan dapat melihat langit biru yang cerah dan merasakan semilir angin yang sejuk dan menenangkan batin bagi siapapun yang mengalaminya.

Jalan beberapa kilometer ke depan, kalian akan menemukan kolam renang. Menurut saya, kolam renang adalah salah satu tempat yang paling cocok bagi kalian yang menyukai pariwisata yang menjanjikan ketenangan. Apalagi, dari kolam renang ini, kita dapat melihat bayangan gunung, yang dijamin akan semakin membuat kita berkontemplasi.

Ketika kalian naik ke lantai yang paling atas, kalian akan disuguhi pemandangan alam hijau a la Trawas yang menyejukkan bagi mata. Kebutuhan kalian akan ketenangan juga akan terpuaskan dengan adanya sajian teh hangat di pagi hari.

3. Kaki Gunung Wilis, Jawa Timur

Kehidupan damai di kaki Gunung Wilis saya jamin akan sangat bersahabat bagi kalian pecinta travelling yang juga cinta suasana tenang.

Dari pemandangannya saja sudah menyejukkan batin: Bunga-bunga merah hingga merah muda yang tersembunyi di balik desa begitu indah apabila difoto. Sinar mataharinya pada waktu siang juga seolah menyapa dengan ramah di balik bayangan gunung pada siang hari.

Kalian juga dapat beristirahat dan membaur bersama dengan penduduk yang saya jamin juga tidak terlalu berisik. Penduduk kaki Gunung Wilis ramah dan terbuka bagi siapapun yang mengunjungi mereka. Pula kita pun dapat merasakan kedekatan dengan mereka, meski hanya beberapa hari atau bulan saja.

4. Jembatan Suramadu, Bangkalan, Surabaya

Inilah salah satu landmark terbaik di Indonesia. Jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Madura ini memang luar biasa megah sekaligus menenangkan, terutama di sore hingga malam hari.

Banyak sekali hal yang dapat dilakukan di sekitar jembatan super-besar satu ini. Di saat yang sama, tidak terlalu banyak orang yang berada di sekitar jembatan, sehingga sangat mendukung untuk pecinta suasana sepi.

Untuk suasana yang lebih tenang, kita juga dapat menikmati indah dan teduhnya Jembatan Suramadu lewat menyewa rumah yang tenang dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah House of Subairi, yang terletak di jalan Kedinding Lor, Gang Manggis Nomor 32.

Menurut situs sewa-harian.com, rumah yang hanya 10 menit ke Pulau Madura ini tidak bising, sehingga pasti dapat mengakomodasi kebutuhan kita untuk tenang. Selain itu, rumah ini baru dibangun, sehingga kebersihannya pun terjamin pula.

5. Kebun Teh Walini, Rancabali, Bandung

Apalah jiwa tenang, kalau tidak ke pabrik teh?

Sebagai seseorang yang sering mengunjungi tempat-tempat di mana teh melimpah, saya dapat merasakan keteduhan yang ditawarkan oleh kebun teh, termasuk Kebun Teh Walini di Bandung.

Begitu memasuki kebun teh yang amat instagrammable ini, kita akan langsung melihat hamparan daun teh yang sangat menenangkan batin. Selain itu, kita juga dapat menyendiri sejenak pada pagi hari di tempat yang sangat friendly untuk bermeditasi ini.

Kalau kalian menginap di Villa De Nata, kalian akan lebih beruntung lagi. Sebagaimana ditulis dalam sewa-harian.com, villa ini menyediakan tea walk atau mengunjungi pabrik tempat teh Walini diproduksi sebagai fasilitas umumnya.

Paling tidak, kelima objek wisata tersebut cukup menunjukkan bahwa orang-orang yang kalem dan tenang juga dapat menjelajah seperti halnya orang-orang yang lincah dan mobile. Kita bisa melihat kalau pariwisata Indonesia dapat mencakup semua kalangan, termasuk kamu (kalian) yang berjiwa tenang.

Keep Calm, Don’t Be Afraid to Travel, and LOVE INDONESIA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *