Persiapkan Dirimu: Kamu Wajib Ada Persiapan Kalau Mengunjungi 3 Tempat Ini!

Saya percaya tidak ada tempat di bumi yang benar-benar bebas bahaya. Karena itu, para wisatawan juga harus tetap berhati-hati pada tempat-tempat tertentu.

Beberapa tempat memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Namun seiring dengan keindahan alam, persiapan untuk berangkat ke sana juga harus semakin besar intensitasnya. Tanpa persiapan yang matang, tidak mungkin kita dapat menikmati indahnya alam semesta.

Berikut ini adalah 3 objek pariwisata di Indonesia yang indah sekaligus menguji nyali banyak orang, serta cara untuk bertahan hidup di dalamnya:

1. Puncak Jayawijaya, Papua


Salah satu puncak gunung terindah ini memang menjadi salah satu
jujugan wisata yang paling ramai. Bentuk gunungnya yang tidak biasa dan kepulan asapnya yang indah saat difoto membuat siapapun tidak bisa mengelak akan kecantikannya.

Di saat yang sama, puncak pegunungan yang sangat cantik ini juga menyimpan banyak cerita.

Misalnya, minimnya kadar oksigen di puncak gunung yang menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai puncak. Selain itu, kalian yang tidak terbiasa dengan suhu dingin, mungkin akan kesulitan dalam beradaptasi dengan puncak pegunungan yang bersalju tebal ini.

Tidak cukup hanya kemampuan mendaki saja. Siapkan jaket parasut berlapis 2 atau lebih untuk mengantisipasi suhu puncak pegunungan yang akan membuat tubuh siapapun yang tidak terlindungi menggigil ini.

Untuk tambahan oksigen, sebaiknya menyiapkan tabung atau masker oksigen dan memakainya sejak awal pendakian. Bawa juga beberapa teman, karena kalian pasti akan sangat bangga ketika sudah mencapai puncaknya.

2. Pura Tanah Lot, Bali

Sebagai salah satu tempat dengan pemandangan terindah sekaligus misterius di Indonesia, Pura Tanah Lot menyimpan banyak rahasia di balik penampilan uniknya yang menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di tengah-tengah keindahan sunset a la Bali ada pura, suatu tempat ibadah sekaligus tempat persembahan sesajen bagi umat Hindu. Pura yang dibangun di atas batu karang yang kuat ini selain indah dan menarik bagi pengunjung juga memiliki aura mistis yang terpancar di dalamnya.

Tenang… Itu bukan mengenai hantu atau arwah penasaran lainnya. Alih-alih, itu adalah mengenai ular hitam, hewan suci penunggu pura Tanah Lot.

Ular hitam ini dipercaya dapat memberikan umur panjang bagi orang yang mengunjungi maupun bermeditasi di dalamnya. Siapapun yang menyentuhnya dipercaya akan memperoleh keberuntungan dalam kehidupan maupun perjalanannya.

Mengingat ular memiliki bisa, saya sendiri tidak menyarankan untuk menyentuhnya dengan tangan. Manfaatkan saja pemandangan sekitar pura untuk mengabadikannya dalam foto.

Karena itu, siapkan alat potret yang tidak membahayakan kelangsungan hidup lingkungan dalam pura maupun ular hitam untuk dapat bertahan hidup.

3. Pulau Karimata, Kalimantan

Pulau terbesar di Kepulauan Karimata ini juga tidak kalah indahnya dibandingkan Puncak Jayawijaya di Papua. Pemandangan alamnya yang serba biru mampu mengundang wisatawan untuk melakukan berbagai macam kegiatan, contohnya surfing dan snorkelling.

Tidak hanya sampai di sana, pulau yang sangat luar biasa ini juga memiliki warna hijau yang dominan setelah biru, menyejukkan batin siapapun yang melihatnya.

Siapa sangka, pulau ini menyimpan sejumlah kisah misteri yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah mengenai Ratu Junjung Buih, penghuni Selat Karimata (salah satu selat pada pulau Karimata) yang meminta korban 20 orang perempuan cantik.

Memang beberapa di antara kita menjadi skeptis akan cerita ini, namun, itulah adanya sisi mistis dari salah satu pulau jujugan wisatawan beberapa tahun belakangan ini.

Barangkali buktinya adalah beberapa orang yang sempat hilang di sekitar selat Karimata dan sempat dicari, namun pada akhirnya jumlah total yang hilang tepat berjumlah 20 orang perempuan.

Karenanya, doa dan ibadah merupakan persiapan yang terpenting dalam mengunjungi salah satu pulau eksotis di Kalimantan ini. Tidak cukup hanya dapat mengendarai perahu saja, kalian benar-benar harus menyiapkan fisik dan mental yang prima agar dapat bertahan hidup di sekitar Pulau Karimata.

***

Memang ketiga tempat tersebut memiliki pesona dan tantangannya masing-masing. Namun, itu semua kembali kepada preferensi dan kepribadian kalian selaku traveller.

Apapun itu, marilah kita dapat menghargai kekayaan alam, cerita, maupun tantangan yang terdapat dalam bumi Indonesia. Bagaimanapun juga, cerita mistis dan tantangan itu yang membuat Indonesia menjadi negara yang semakin menarik untuk dikunjungi.

Let us cherish every moments spent in Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *