Tidak Perlu Mewah, Ini Dia Pusat Perbelanjaan Ramah Kantong yang Dapat Kita Kunjungi di Seluruh Dunia


Sumber: StockSnap

Bila berbicara mengenai pusat perbelanjaan, seringkali yang muncul di pikiran kita adalah tempat dengan harga barang atau jasa yang selangit. Gambaran tersebut tidak hanya terjadi pada kota-kota besar, namun juga di daerah yang sedang berkembang.

Padahal kenyataannya, kita yang suka berwisata dengan hemat pun dapat mengunjungi mal tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Artikel ini akan membahas mengenai pusat-pusat perbelanjaan seluruh dunia yang ramah di kantong para “budget traveller“.

Kriteria yang masuk ramah kantong pada artikel ini bisa saja pusat tersebut terletak pada lokasi yang “ramah kantong”. Namun di sisi lain, tidak menutup kemungkinan juga pusat-pusat perbelanjaan ini memang memiliki keseluruhan harga yang lebih rendah dibandingkan pusat-pusat serupa di kota atau daerah yang sama.

Berikut ini adalah contoh-contoh pusat perbelanjaan yang ramah kantong dan keistimewaan mereka masing-masing:

1. Bugis Junction, Singapura


Sumber: William Cho

Berdasarkan pengalaman saya, Bugis Junction adalah salah satu mal di mana kita tetap dapat menikmati indahnya wisata belanja di Singapura sambil merogoh dollar yang jumlahnya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan pusat-pusat belanja asal Singapura lainnya, seperti Takashimaya atau Marina Bay Sands.

Keistimewaan mal ini adalah pada outlet makanannya. di mana makanan yang ada sangat beragam dan memiliki rata-rata harga 2-3 kali lebih murah dibandingkan dengan harga makanan sama di mal-mal high-end Singapura lainnya.

Nikmati juga outlet Twelve Cupcakes-nya, di mana pembelian 1 box berisi 6 cupcake tersertifikasi halal cukup merogoh kocek sekitar $18. Bila ingin mencoba 1 cupcake saja, kita dapat memperolehnya dengan harga $3.5.

Bosan dengan cupcake yang begitu-begitu saja? Coba juga cupcake “rahasia” harian yang ada pada situs resmi Twelve Cupcakes, di mana semua cupcake ini datang dengan variasi yang sama enak dan harganya dengan cupcake yang setiap hari ada pada display.

2. Ladies Market, Hong Kong


Sumber: shankar s.

Sebagai negara yang kerap menjadi tujuan belanja murah, tidak heran pusat perbelanjaan di Hong Kong menjadi pusat-pusat yang ramah kantong bagi wisatawan. Salah satu yang paling ramah kantong dan sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Ladies’ Market.

Ladies’ Market yang terletak di daerah Mong Kok, Kowloon ini merupakan surganya belanja murah untuk baju dan aksesoris perempuan, seperti kacamata hitam. Beberapa boneka juga menggantung dengan lucu di daerah perbelanjaan yang dekat dengan setidaknya 4-5 villa yang dapat disewa ini juga tersedia untuk dijual bagi kita yang suka shopping harga miring di Hong Kong.

Tempat ini juga bagus untuk kita yang suka tantangan tawar-menawar. Sekadar informasi, kebanyakan orang yang memiliki daya tawar yang kuat akan dapat memenangkan barang incaran mereka dengan harga yang jauh lebih murah dari yang dipatok penjual, namun kualitasnya tidak berkurang sama sekali dari aslinya. Hebat, bukan?

3. Dragon Mart, Dubai (Uni Emirat Arab)


Sumber: Ahmed Rabea

Hampir segala sesuatu yang identik dengan Tiongkok tergolong dalam wisata belanja yang ramah kantong bagi para wisatawan “budget-mania“, termasuk “mal Tiongkok” yang berada di Dubai satu ini.

Kendati berada di salah satu kawasan Timur Tengah yang termahal, Dragon Mart memiliki barang-barang dagangan yang murah. Wisatawan biasanya suka membeli barang-barang elektronik dan fashion second hand pada mal berukuran 150.000 meter persegi dan memiliki total outlet sebanyak 3.950 ini, di mana kualitas yang bagus sebanding dengan harganya yang lebih murah dibandingkan pusat-pusat perbelanjaan lain di sekitar Dubai.

Tidak seperti Chinatown yang tersebar di hampir seluruh dunia yang cenderung kotor, Dragon Mart merupakan mal bernuansa Tionghoa yang sangat bersih di Dubai. Selain itu, aksesnya mudah ke berbagai penginapan bintang 4 ke atas, sehingga menjadikannya salah satu mal paling ekonomis dari segi harga barang dan biaya transportasi yang dibutuhkan.

***

Kesimpulannya, pusat perbelanjaan tidak selalu identik dengan mewah. Bahkan, beberapa mal di daerah “mahal” semacam Singapura dan Dubai pun memiliki rata-rata harga barang yang murah. Aksesnya pun dapat dicari yang mudah, sehingga akan menghemat keseluruhan biaya untuk belanja dan transportasi harian.

Tambahannya, bagi wisatawan yang suka berwisata “ramah kantong” di pusat-pusat perbelanjaan seperti yang terdapat di poin-poin ini, lebih baik mempersiapkan urat nadi untuk dapat tawar-menawar. Siapa tahu, bisa-bisa dapat harga nyaris gratisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *