Lelah dengan Biaya Wisata yang Mahal? Tengok Cara-Cara Mendapat Gratisan Saat Berwisata Berikut Ini


Sumber: KRiemer

Biaya wisata merupakan biaya yang sifatnya paradoks. Di satu sisi, kita berusaha untuk mengeluarkan biaya wisata yang sesuai dengan budget kita. Di sisi yang lain, wisata membuat kita addicted sehingga lupa daratan dan pada akhirnya biaya wisata membengkak tanpa kita sadari.

Kalau sudah membengkak, tentu biaya wisata menjadi menjengkelkan, meski hanya sekadar memikirkannya. Inginnya menekan biaya wisata, namun apa boleh buat, biaya wisata sudah terlanjur keluar banyak dan banyak tempat yang memicu kita untuk terus mengeluarkan uang.

Berita baiknya, kegalauan semacam itu dapat diatasi, mengingat tidak pernah terlambat bagi kita untuk mendapat gratisan. Mungkin ini membuat kita skeptis, karena kita terlanjur paham tidak ada gratisan di bumi.

Di satu sisi, siapa yang bisa menolak gratisan? Bila gratisan dalam segala bentuknya dapat diperoleh, mengapa tidak memanfaatkannya? Berikut ini adalah cara-cara untuk mendapat gratisan secara efektif dan halal pada saat berwisata:

1. Miliki Banyak Teman


Sumber: cherylholt

Di banyak negara yang menjunjung tinggi pertemanan, punya banyak teman bisa jadi langkah awal yang baik untuk mendapat banyak macam gratisan, mulai gratis makan, tumpangan, bahkan gratis paket berwisata selama beberapa minggu.

Teman bukan hanya dapat mengingatkan kita mengenai datang ke acara-acara di mana kita mendapat gratisan. Ada kalanya teman dapat menjadi partner-in-crime kita saat berwisata, sehingga kita akan mendapatkan gratisan yang sama banyaknya dengan teman yang mendampingi selama berwisata.

Biasanya, gratis makan dan tumpangan atau transportasi adalah 2 hal yang paling sering kita dapatkan saat berwisata bersama teman, namun tidak menutup kemungkinan kita akan memperoleh gratisan yang berkaitan dengan wisata, seperti gratis tiket masuk ke tempat atraksi terkenal atau gratis fasilitas tertentu saat menyewa villa.

Gratisan ini bisa datang lewat banyak cara, mulai lewat program gratisan perusahaan penyedia jasa kuliner atau transportasi hingga teman yang sukarela memberikan gratis makan, transportasi, atau bahkan dengan cara yang ekstrem seperti mendapat undian gratis tiket masuk untuk 2 orang atau lebih. Yang jelas, bila ada teman, tidak perlu kuatir mendapat gratisan saat berwisata!

2. Berinteraksi dengan Alam Sekitar


Sumber: PublicDomainPictures

Ini dia hal yang sering disalahmengerti wisatawan masa kini. Karena aktivitas wisatawan masa kini kebanyakan berputar di kegiatan belanja dan singgah di tempat-tempat yang mewah, wisatawan masa kini sering lupa kalau berinteraksi dengan alam juga merupakan bagian dari wisata yang menyenangkan.

Ada banyak cara untuk dapat berinteraksi dengan alam. Misalnya, kita dapat bangun pagi-pagi dan jogging di pantai. Atau, kita juga dapat mendaki gunung atau bersepeda melintasi gunung dan perbukitan, di mana kita akan memperoleh oksigen yang nilainya lebih tinggi dari sekadar kekayaan, dan itu kita dapatkan secara cuma-cuma.

Masih banyak lagi cara yang dapat kita gunakan untuk berinteraksi dengan alam, seperti menyatakan cinta lewat benda-benda lautan atau foto-foto langit malam yang indah saat berwisata. Semuanya dapat kita keluarkan tanpa biaya selama apapun yang kita mau, jadi, mengapa harus mengeluarkan uang untuk sesuatu yang baik?

3. Bermain Peran dan Menyelinap ke Kerumunan Orang


Sumber: kirkandmimi

Bila dibandingkan dengan kedua cara sebelumnya, cara terakhir ini merupakan cara yang paling besar risikonya. Namun, apa boleh buat, kalau kita memang ingin mendapatkan gratisan?

Saya memiliki cerita menarik untuk dibagikan di sini. Seorang perempuan berusia hampir 70 tahun yang menolak untuk disebutkan namanya ketika dimasukkan dalam cerita artikel ini berlaku seperti pengemis ketika ia berlibur ke Beijing, Tiongkok. Ia berpakaian kumuh dan duduk bertopang dagu di jalanan non-stop selama beberapa jam. Hasilnya? Ia mendapat uang yang banyak!

Cerita perempuan ini bukan satu-satunya cerita samaran yang saya kumpulkan. Berdasarkan pengamatan saya, paling tidak ada orang-orang lain yang juga “bermain peran” dan mendapatkan boneka, permen, makanan, dan lain-lain selama berwisata… Tanpa harus membayar apapun, yang berarti cara ini terbukti berhasil untuk mendapatkan gratisan selama berwisata.

Cara lain yang tidak kalah berisikonya namun juga memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi adalah menyelinap ke tempat-tempat orang banyak berkerumun, seperti pesta-pesta.

Tidak hanya makanan dan kue-kue gratis yang bisa kita nikmati, namun terkadang, kita pun dapat memperoleh undian berhadiah fantastis. Sebut saja mobil, motor, emas batangan, kulkas, AC, TV, atau tiket berlibur ke negara maju tertentu. Kita pun akan mendapat banyak teman dan kenalan selama menyelinap di acara pesta  saat berlibur dan mendapatkan beragam gratisan di sana.

***

Intinya, butuh usaha ekstra untuk mendapatkan gratisan. Terkadang untuk dapat menghemat uang, kita perlu melakukan tindakan-tindakan “berani”, selama tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan penduduk negara sekitar.

Apapun itu, gratisan adalah cara yang mujarab untuk menghentikan pengeluaran berlebih selama berwisata. Memang usahanya membuat lelah, namun, lagi-lagi: Siapa yang berani menolak gratisan? Apalagi kalau gratisannya banyak dan bagus. Ya, ‘kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *