Di Antara Grand City Mall dan Galaxy Mall, Mana Yang Lebih Baik Untuk Pemburu Oleh-Oleh Tradisional?

Kita tahu kalau oleh-oleh tradisional biasanya ada di tempat-tempat berjualan keliling atau toko pinggir jalan…

…dan ada juga yang di mal. Apa, mal? Ya, kalian tidak salah.

Di pusat perbelanjaan yang penuh dengan keglamoran dan modernitas, kalian tetap bisa menemukan oleh-oleh tradisional khas Indonesia yang dijamin akan membuat kalian kangen akan kota atau daerah kalian masing-masing.

Omong-omong soal oleh-oleh, saya tidak akan membatasi bahasan saya pada makanan ataupun minuman bungkusan. Mengingat setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing, oleh-oleh dapat juga berupa baju, kain, obat-obatan, maupun cinderamata khas lainnya.

Percaya tidak percaya, Grand City Mall dan Galaxy Mall–dua di antara mal-mal berukuran besar di Surabaya–menyediakan akses ke semuanya itu.

Para pemburu oleh-oleh tradisional, siap melihat perbedaannya?

Inilah perbedaan antara Grand City Mall dengan Galaxy Mall dalam memfasilitasi kerinduan kalian untuk berbelanja oleh-oleh khas Indonesia:

Grand City Mall

Meskipun dibangun dengan interior yang “sangat jauh” dari Indonesia, kenyataannya selama beberapa tahun belakangan, Grand City Mall telah bertransformasi menjadi sesosok mal yang dekat dengan hati orang lokal, yaitu orang Indonesia.

Misalnya, lihat saja pada outlet Batik Keris. Salah satu outlet baju dan kain batik paling terkenal dan tertua di Indonesia ini memiliki stan yang ukurannya sangat panjang kali besar, sehingga memungkinkan kalian para wisatawan untuk “berenang” di dalamnya sambil melihat koleksi dan motif batik seluruh Indonesia yang melimpah.

Masih dalam Batik Keris, kita juga disuguhi dengan macam-macam peralatan untuk merawat batik. Sekedar informasi, peralatan “mempercantik” batik ini cukup sulit ditemui di tempat lain, sehingga menjadikan Grand City Mall salah satu tempat terbaik untuk berburu oleh-oleh tradisional.

Tentu saja, sebagaimana yang saya katakan sebelumnya, oleh-oleh tradisional tidak akan lengkap apabila tidak ada suguhan yang dapat dibawa pulang.

Sebut saja adanya Jamu Iboe. Terakhir saya lihat, merek jamu yang telah viral beberapa dekade ini bergabung dengan Indonesian Heritage di Grand City Mall Lantai 2, beberapa meter dekatnya dari Batik Keris. Jika kalian dapat memburu dua jenis oleh-oleh asli Indonesia ini, mengapa tidak?

Merasa kurang? Tenang saja, sebab mal yang terkenal menyelenggarakan banyak expo ini juga memiliki kerjasama dan agenda rutin dengan HelviExpo, pameran produk vegetarian Indonesia.

Di sana, kalian juga dapat berburu oleh-oleh khas Indonesia yang juga dapat membantu kalian menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya makanan, tetapi juga minuman, baju, topi, maupun peralatan rumah tangga yang ramah vegetarian dan dibuat di Indonesia.

Galaxy Mall

Di balik keeksotisannya yang mengundang banyak tenant maupun wisatawan asing, Galaxy Mall tidak kehilangan “jati dirinya” sebagai mal yang dibangun di Indonesia.

Buktinya, mal yang kemegahannya tidak kalah dari Tunjungan Plaza atau Supermal Pakuwon Indah ini juga menawarkan banyak macam tempat untuk berburu oleh-oleh seluruh Indonesia.

Dari food court-nya saja, kita bisa melihat berbagai macam opsi makanan Indonesia yang melimpah. Mulai dari makanan Indonesia yang umum seperti bubur ayam, masakan dari daerah Banjar, sampai dengan makanan yang tidak lazim dari daerah Bali pun ada.

Kalau kita lihat di stan kecil di ujung food court, kita akan melihat beragam snack unik nan eksotis khas Indonesia. Contoh yang umum adalah berbagai macam kerupuk berbentuk dan berasa unik, mulai dari manis, asam, hingga asam-pedas. Tidak lupa juga keripik tempe yang kerenyahannya saya jamin tidak akan pernah ditemukan di tempat lain.

Tidak berhenti hanya sekedar show-up oleh-oleh makanan saja, kalian para wisatawan yang senang memburu oleh-oleh tradisional juga akan dipuaskan dengan cara Galaxy Mall merayakan Tjong Ciu:

Kalau biasanya kita tahu ada mooncake berasa tradisional Tiongkok semacam kacang hijau, kacang merah, atau campuran kuning telur, Galaxy Mall lain lagi: mooncake-nya dari Bali. Percaya saya: Tidak kalah enak, lho!

Lengkapi oleh-oleh kalian dengan kosmetik dari Dewi Sri Spa, yang ada dalam SOGO Department Store, salah satu pusat perbelanjaan asli Indonesia dalam Galaxy Mall. Selendang batik yang lembut dan cantik juga dapat kalian temui di banyak tenant dalam Galaxy Mall untuk mempercantik oleh-oleh khas Indonesia buruan kalian.

***

Dari uraian di atas, kita dapat melihat perbedaan corak oleh-oleh Indonesia yang ditawarkan oleh kedua tempat wisata yang tidak lazim dibahas, yakni mal: Grand City Mall dan Galaxy Mall Surabaya.

Seperti yang sudah dibahas, Grand City memiliki kekayaan oleh-oleh berupa pakaian, jamu, serta pameran-pameran yang menjunjung tinggi nilai kelingkungan dan Keindonesiaan, sementara Galaxy Mall memiliki banyak oleh-oleh Indonesia berupa makanan dan produk kecantikan yang unik dibandingkan tempat-tempat lainnya.

Jadi, para pemburu oleh-oleh, kalian lebih memilih yang mana?

(P.S.: Kalian juga dapat menyewa apartemen Puncak Permai yang dekat dengan Grand City maupun House of Subairi yang lebih dekat dengan Galaxy Mall, lewat contact person yang tersedia di website ini.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *