Selain Harga, 3 Pertimbangan Apa Saja Saat Hendak Memilih Penginapan di Indonesia?

Bukan suatu hal yang asing lagi kalau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar. Tanpa tempat untuk bermukim, manusia akan kesulitan dalam menyambung hidup.

Oleh karenanya, manusia membutuhkan tempat penginapan untuk berteduh maupun berbagi kasih sayang dengan manusia-manusia lainnya.

Apartemen, villa, dan kost–ketiga jenis penginapan ini merupakan bisnis yang seolah tidak ada matinya di belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan negara yang ramai akan wisatawan selama beberapa tahun terakhir ini. Dengan berbagai pilihan tempat penginapan dan tiket masuk objek wisata yang murah, Indonesia terkenal sebagai “surganya hal-hal yang murah meriah”, khususnya bagi wisatawan asing.

Selain harga, ada beberapa pertimbangan untuk memilih penginapan di Indonesia. Beberapa di antaranya akan saya bahas dalam artikel ini, antara lain:

1. Popularitas

Popularitas sebuah apartemen, villa, atau kost di Indonesia dibuktikan dengan review online, peringkat dari berbagai situs wisatawan, maupun wisatawan lain yang kita kenal yang pernah tinggal di dalamnya.

Idealnya, semakin populer suatu tempat penginapan, kita pun harus semakin bergerak cepat dalam menentukan pilihan. Jangan sampai apartemen, villa, maupun tempat kost idaman kita direbut orang hanya karena kita yang kurang cepat.

Sebelum menentukan tempat tinggal sementara untuk berwisata saat di Indonesia, ada baiknya kita meluangkan waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai penginapan yang akan kita tuju: Lihat website ofisialnya (jika ada), temukan contact person-nya, dan dengar mereka yang telah tinggal di dalamnya.

2. Kedekatan dengan Alam

Karena Indonesia termasuk negara yang kekayaan alamnya melimpah, maka tempat tinggal sementara kita para wisatawan yang hendak mengunjungi Indonesia juga harus memiliki kedekatan yang istimewa terhadap alam.

Meski kedekatan dengan alam dapat ditunjukkan dari jarak tempat ke berbagai objek wisata di Indonesia, kedekatan dengan alam tidak harus ditunjukkan dengan hal-hal tersebut. Alih-alih, yang saya maksudkan dengan “kedekatan dengan alam” pada poin ini adalah adanya fasilitas “alam” seperti kolam renang dan pemandangan rumput hijau maupun pohon rindang yang sedap dipandang mata.

Berbagai macam situs sewa apartemen, villa, maupun (sedikit) rumah kost menyediakan akses khusus kolam renang pribadi, gazebo ramah lingkungan, maupun BBQ outdoor. Di samping harga, hal kedekatan dengan sumber daya alam Indonesia yang kaya inilah yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih penginapan di Indonesia.

3. Kemampuan Penginapan Dibandingkan Preferensi

Yang dimaksud pada poin ketiga ini adalah keadaan kamar tidur dan kamar mandi yang ada dalam sebuah penginapan, di mana kedua hal ini sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan-kebutuhan maupun preferensi kita sebagai wisatawan.

Ada beberapa wisatawan yang tidak keberatan kamar mandi yang terpisah dengan kamar tidur. Yang lain lebih memilih kamar yang penuh dengan privasi agar dapat bebas berkarya dalam ruang pribadi mereka. Siapa tahu, mungkin yang lain lagi lebih senang kamar tidur yang ramai agar dapat berbagi cerita tiap harinya?

Atas dasar inilah, tidak ada salahnya dalam meninjau ulang lokasi penginapan yang kita tuju sampai kita benar-benar puas. Apabila ada lokasi penginapan yang menawarkan berbagai promosi seperti gratis tinggal beberapa hari atau cashback kalau membayar menggunakan metode tertentu, inilah saatnya bagi kalian para wisatawan untuk memanfaatkannya.

***

Ketiga hal tersebut telah mencakup hal-hal yang perlu kita pertimbangkan saat hendak memilih tempat penginapan selama berwisata di Indonesia.

Secara lebih spesifik, kita perlu melihat kepada popularitas atau reputasi di mata wisatawan lain, adanya fasilitas seperti kolam renang, gazebo, BBQ outdoor, dan daya tampung serta tata letak kamar mandi maupun kamar tidur yang kemudian disesuaikan dengan gaya travelling kita masing-masing.

Apapun pilihan kita, baik itu apartemen, villa, ataupun kost, kita perlu mempertimbangkannya secara matang agar tidak menyesal kemudian hari.

Jadi, di antara ketiga pertimbangan dalam artikel ini, mana yang hendak Anda masukkan dalam pikiran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *