Daerah Sumatera Selatan, Daerah Cantik Tempat Anda Dapat Berinovasi

Mungkin beberapa di antara Anda akan mengernyitkan dahi kalau melihat judul dari artikel ini. Maklum saja, seringkali orang hanya mengenal daerah Sumatera dari harimaunya yang super eksotis punya…

…Atau, beberapa orang juga ada yang hanya mengenal Sumatera sebagai daerah yang penuh dengan pepohonan yang rindang tanpa mengetahui kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di dalamnya.

Kalau saya lihat-lihat lagi pada beberapa referensi pariwisata, memang masih sedikit referensi pariwisata mengenai Sumatera.

Hal ini bukan hanya sekedar memprihatinkan, namun juga sangat disayangkan kalau bahkan orang-orang luar Sumatera maupun luar negeri hanya sekedar mengetahui sekelumit mengenai Sumatera.

Artikel ini akan membahas daerah Sumatera Selatan, salah satu daerah Sumatera yang jarang dibahas. Dibandingkan dengan pulau-pulau di Indonesia lain yang padat penduduknya seperti pulau Jawa, daerah Sumatera Selatan memang terkesan lebih adem ayem.

Alih-alih membahas apa saja yang dapat difoto di daerah Sumatera Selatan, artikel kali ini akan menyuguhkan sesuatu yang “berbeda”, yakni yang menantang kalian semua para wisatawan untuk berpikir inovatif. Inilah dia!

Apa Saja Yang Dapat Kalian Lakukan Di Sumatera Selatan?

1. Belajar Bercocok Tanam

Inilah kegiatan yang seolah tidak dapat dilepaskan dalam diri masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Sumatera Selatan.

Dengan bercocok tanam, masyarakat bukan hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari, namun juga dapat memupuk semangat gotong royong yang akan memperkuat bangsa dan negara, termasuk di antaranya masyarakat Sumatera Selatan yang juga merupakan bagian dari Indonesia.

Kemampuan masyarakat Sumatera Selatan dalam bercocok tanam sudah tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari yang sederhana seperti padi, jagung, dan berbagai macam sayuran hingga berbagai jenis bahan makanan unik nan eksklusif dapat “diternakkan” oleh mereka. Kita sebagai wisatawan, tidak ada salahnya bukan, belajar dari masyarakat Sumatera Selatan?

Siapa tahu, dengan belajar bercocok tanam dengan penduduk setempat, kita akan menjadi orang yang lebih rapi dan teratur saat pulang ke daerah atau negara kita masing-masing. Kita pun semakin kaya akan pengetahuan masa-masa terbaik dalam bercocok tanam.

2. Belajar Bahasa Daerah Penduduk Setempat

Kita tahu sebelumnya kalau Sumatera Selatan merupakan bagian dari Indonesia, karena itu orang-orangnya pun juga adalah orang Indonesia…

…Namun, di sinilah keunikan warga Sumatera Selatan. Mereka memiliki bahasa daerah sendiri, dan beberapa suku tidak mengenal bahasa lain di luar bahasa mereka.

Sungguh pengetahuan yang memberi wawasan bagi kita semua, bukan? Ini baru permulaan.

Kalau kita berwisata ke Sumatera Selatan, inilah saatnya untuk memperkuat sekaligus memperlebar wawasan kita mengenai bahasa-bahasa suku di Indonesia sebagai bahasa yang mempererat.

Bukan hanya mempererat antar suku, namun juga dapat menjadi alat untuk penyambutan suku-suku dan wisatawan-wisatawan lain, dan pada akhirnya menjadi alat yang mempersatukan antar bangsa. Sungguh indah!

Tidak hanya belajar dan belajar yang dapat kita lakukan, maka saya akan teruskan membahas poin berikutnya yang tidak kalah penting. Inilah dia…

3. Tinggal Di Rumah Penduduk 

Kurang greget rasanya kalau kita sebagai wisatawan “hanya” bermukim di tempat-tempat yang sudah mainstream seperti hotel. Karenanya, saya mengusulkan satu kegiatan yang istimewa: Tinggal di rumah penduduk!

Rumah penduduk adalah tempat yang paling nyaman, di mana kita dapat merasakan kehangatan kasih sayang yang tidak dapat ditemukan di tempat-tempat berlibur yang lain. Terkhusus untuk Sumatera Selatan yang penduduknya sedikit, singgah di rumah penduduk menjadi sesuatu yang spesial dan tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan manapun.

Singgah di rumah penduduk juga menjadi sesuatu untuk membuat kita keluar dari zona aman, karena di rumah penduduk, kita akan menemukan hal-hal yang tidak biasa dan kita harus belajar menyesuaikan diri di dalamnya. Yang paling menonjol adalah soal makanan.

Hilangkan hasrat kalian yang terlalu muluk-muluk soal makanan, ketika menjadi wisatawan di Sumatera Selatan. Alih-alih mendapat makanan a la restoran peringkat Michelin atau hotel bintang tujuh, kalian akan mendapat makanan-makanan yang tidak pernah kalian santap sebelumnya. Memang menantang, tapi hasilnya akan sangat memuaskan bagi kalian para wisatawan.

***

Ketiga hal di atas sudah dapat menggambarkan betapa indahnya berwisata ke daerah Sumatera Selatan. Secara keseluruhan, saya hendak mengatakan kalau ini baru yang namanya pariwisata!

Hendaknya ketika berwisata, kita tidak hanya memilih tempat berlibur yang menyenangkan panca indera kita. Sesekali, kita harus terjun ke daerah-daerah yang terlupakan seperti Sumatera Selatan, mengingat daerah-daerah inilah yang dapat memberikan pengalaman wisata tak terlupakan bagi kita semua.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *