Perbandingan Taman Bunga Sakura Keputih Dengan Taman Bunga Sakura Cibodas

Semakin banyak saja flora yang dapat kita nikmati di Indonesia. Tidak hanya sekedar kembang sepatu (hibiscus) atau sedap malam saja, kita pun dapat menikmati keindahan bunga sakura di Indonesia.

Identik dengan Jepang, bunga bertekstur super-sensitif ini hanya dapat mekar tiap beberapa bulan. Selain itu, menurut penglihatan saya, bunga yang termasuk dalam genus Prunus ini perkembangannya juga sangat tergantung dengan musim dan cuaca setempat.

Tidak cukup hingga di sana, ternyata warna bunga sakura tidak hanya merah muda. Terkadang juga bisa ungu atau putih. Lagi-lagi selain musim, ini tergantung dengan sub-jenis masing-masing bunga sakura.

Kalau di Indonesia, ada 2 taman bunga sakura yang tersebar di masing-masing kota terbesar di Indonesia: Bandung dan Surabaya. Taman Bunga Sakura di Keputih untuk wilayah Surabaya dan Taman Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas, yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Dalam artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai suasana selfie dan wefie di Taman Bunga Sakura Cibodas, maka hal tersebut tidak akan saya bahas lagi pada artikel ini. Maka, artikel ini akan membahas perbandingan dari sudut pandang yang lebih luas dengan Taman Bunga Sakura di Keputih, Surabaya.

Berikut adalah perbandingan antara Taman Bunga Sakura Cibodas dengan Taman Bunga Sakura Keputih:

Taman Bunga Sakura Cibodas

Taman bunga sakura ini terletak di bagian dalam Kebun Raya Cibodas. Sebagaimana kita tahu sebelumnya, Cibodas sendiri merupakan bagian dari Bandung, Jawa Barat.

Kalau saya lihat dari foto-foto yang beredar, model pohon dan bunga-bunga sakura yang melekat pada taman sakura Cibodas lebih dominan penekanannya pada pohon. Demikian juga warna bunga sakuranya tidak murni merah muda, ada beberapa bagian bunga sakura yang keunguan.

Kalau kita melihat ke bawah, kita akan melihat warna pohon dan bunga sakura yang berpadu indah dengan rerumputan hijau yang warna hijaunya terang dan menyegarkan di mata.

Tidak cukup hingga di sana, kita selaku para wisatawan juga akan dimanjakan dengan jalan setapak dan patio yang juga menjadi oksigen bagi kebun raya yang dibangun sejak 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann ini.

Berdasarkan lokasi di Google Maps, taman bunga yang super-inovatif ini berada dekat dengan berbagai jenis rumah dan wahana-wahana lain yang tidak kalah seru untuk berwisata, seperti Paintball Camping Outbound yang dapat dicapai dengan 14 menit berjalan kaki dari taman bunga sakura Cibodas.

Taman Bunga Sakura Keputih

Keputih merupakan daerah di Surabaya di mana banyak kegiatan dapat kita lakukan di dalamnya. Tidak hanya Liponsos, Keputih juga memiliki berbagai macam wahana dan objek wisata yang dapat dicapai oleh para wisatawan luar Surabaya.

Salah satunya adalah taman bunga sakura. Berbeda dengan yang di Cibodas, di mana kombinasi warna bunga sakuranya adalah merah muda dan ungu dipadu dengan warna rumput hijau muda cerah, di Keputih, warna bunga sakuranya adalah putih.

Keunikan taman bunga sakura di Keputih dengan di Cibodas tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Taman bunga sakura yang merupakan bagian dalam Taman Hutan Kota Keputih ini juga dihiasi dengan warna rerumputan yang hijaunya lebih muda dibandingkan dengan rumput taman sakura Cibodas.

Di satu sisi, kerikil-kerikil yang tertata rapi sepanjang jalan menarik pandangan wisatawan yang melewati taman bunga sakura di daerah Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur ini (Catatan: Keputih dengan Sukolilo itu satu daerah).

Berbicara mengenai Sukolilo, beruntunglah bagi kita yang memiliki tempat tinggal atau orang-orang luar Surabaya yang rumah-nya dekat daerah Sukolilo, sebab taman bunga sakura yang warna bunganya sungguh fenomenal ini dapat kita capai dalam waktu kurang lebih 5-10 menit berkendaraan.

***

Intinya, perbedaan antara taman sakura Cibodas dengan Keputih adalah pada warna bunga, latar belakang (yakni rumput dan tanah yang berkaitan dengan bunga sakuranya masing-masing), dan letak kota serta provinsinya.

Melalui pemaparan di atas, kita tahu kalau taman sakura Cibodas letaknya di kota Bandung, provinsi Jawa Barat. Sementara itu, taman sakura Keputih letaknya di kota Surabaya, provinsi Jawa Timur.

Selain itu, rerumputan hijau yang cerah di mata merupakan ciri khas taman sakura Cibodas. Di sisi yang lain, kerikil yang ditata rapi (posisi melingkari taman) adalah fitur penting dari taman sakura yang ada di Keputih.

Perbedaan lain yang tidak kalah pentingnya adalah warna bunganya, di mana warna bunga sakura di Cibodas berwarna merah muda dan ungu, sementara warna bunga sakura di Keputih warnanya putih seperti daerahnya.

Maka, kita para wisatawan juga perlu mempertimbangkan, ingin melihat bunga sakura di taman yang mana? Apakah kita akan melihat bunga sakura di taman Cibodas atau di Keputih?

Semua itu hendaknya disesuaikan dengan rencana travelling kita dan bujet akomodasi masing-masing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *