Indonesia Cita Rasa Mancanegara, Cara Lain Hemat Uang Bepergian Untuk Wisatawan

Dalam artikel-artikel lalu, saya telah membahas kalau uang merupakan salah satu masalah pelik yang dihadapi wisatawan manapun.

Karena itu, wisata hemat seringkali menjadi pilihan yang terbaik dan populer di kalangan wisatawan, termasuk ketika mengunjungi Indonesia.

Dengan banyaknya ragam bangunan yang ada, Indonesia menjadi tempat jujugan yang menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi wisatawan lokal yang kebelet pergi ke negara tetangga namun tidak memiliki cukup uang, saat ini juga tersedia landmarklandmark a la luar negeri yang dapat Anda semua para wisatawan cicipi tanpa harus ke luar negeri. Adapun kebanyakan landmark tersebut ada di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya.

Inilah landmarklandmark a la luar negeri, yang saya sebut “Indonesia Cita Rasa Mancanegara” dalam artikel ini, yang Anda semua dapat kunjungi:

1. CitraLand, The Singapore Of Surabaya

Tidak berlebihan kalau kawasan daerah Supermal PTC di Surabaya ini memiliki sebutan “Singapura-nya Surabaya” atau dalam bahasa Inggrisnya “The Singapore of Surabaya“.

Pasalnya, kawasan yang identik dengan perumahan elit ini penuh dengan tempat-tempat yang mirip sensasinya dengan mengunjungi Singapura. Ketika masuk gerbang utama, kita langsung disambut dengan arsitektur bundaran dan pancuran air yang hampir mirip dengan arsitektur khas Singapura.

Selain itu, G-Walk, salah satu sentra makanan dan minuman yang terdapat di kawasan CitraLand ini juga mirip dengan Orchard atau City Hall-nya Singapura yang juga penuh dengan makanan dan minuman. Demikian juga pencahayaan dan penataan ruangnya yang tidak jauh berbeda dengan Singapura.

Kita pun juga dapat melihat bundaran lain yang bentuknya seperti bola kalau berjalan ke arah rumah-rumah Woodlands, yang mengingatkan saya pada Universal Studios Singapore. Ada juga perumahan dengan nama Buona Vista, yang mengingatkan saya pada salah satu stasiun MRT di Singapura.

2. Kenjeran Park, Dreamworld Gold Coast Cita Rasa Surabaya

Yang menarik di Surabaya tidak hanya datang dari kawasan Barat ataupun tengah kota. Kenjeran Park (atau biasa disingkat dengan Kenpark) adalah salah satu buktinya, di mana taman hiburan yang terletak di kawasan Surabaya Timur ini adalah salah satu yang terbaik di Surabaya dalam hal menyediakan sensasi liburan ke luar negeri.

Saat awal dibangun, Kenjeran Park telah memiliki berbagai macam wahana unik dengan desain yang menarik. Beberapa tahun belakangan ini, Kenjeran Park telah memiliki proyek baru yang gedungnya telah berdiri megah, yakni Atlantis Land.

Dalam berbagai referensi wisata, Atlantis Land kerap digadang-gadang akan menjadi semacam Disneyland, Universal Studio, atau lain-lainnya yang sejenis di Surabaya. Maklum saja, kalau kita lihat dari wahana yang ditawarkan serta pencahayaan lampunya sangat mirip dengan taman hiburan berskala internasional.

Praktis, proyek Atlantis Land Kenpark yang dikerjakan oleh arsitektur asal Australia ini memberikan kesan Kenpark sebagai Dreamworld-nya Surabaya. Tentu kita tahu betapa mahalnya tiket wisata ke Gold Coast, maka, ini dapat menjadi alternatif yang hemat untuk menikmati Dreamworld Gold Coast di Surabaya.

3. Danau Little Venice, Bogor

Nama danaunya saja sudah jelas, sehingga saya hanya perlu menambahkan letak kotanya saja.

Venice sendiri adalah sebuah kota kecil yang mewah di Italia. Kota kecil yang indah ini juga terkenal dengan bangunan tuanya yang megah dan sistem pengairannya yang jernih. Gondola juga merupakan jenis perahu unik yang dapat ditemui di Venice.

Namun, beberapa di antara kita akan merasakan kemahalan apabila tidak ada membayari untuk pergi ke Venice. Padahal saat ini, “Venice” telah hadir di kota Bogor, Indonesia. Dengan harga yang amat terjangkau, kita dapat menaiki gondola sambil menyusuri terowongan dan mengarahkan kamera 360 derajat kita kepada pemandangan yang sudah serupa dengan Venice aslinya.

Tidak lupa juga di danau Little Venice yang terletak di Bogor, yakni sebelah selatan kota Jakarta ini, kita juga dapat melihat berbagai landmark kelas dunia lainnya. Wah, yang rumah atau kost-nya dekat daerah danau Little Venice pasti beruntung…

***

Itulah tadi ketiga sensasi liburan ke luar negeri a la Indonesia, yakni CitraLand sebagai alternatif liburan ke Singapura, Kenpark sebagai alternatif ke Dreamworld, Gold Coast, dan Danau Little Venice di Bogor sebagai alternatif liburan ke Venice, Italia.

Singkat cerita, kalau keindahan dapat dinikmati di negara sendiri, itu akan menjadi alasan bagi kita untuk tidak hanya sekedar menghemat uang, namun juga mencintai dunia dari sudut pandang kita sebagai masyarakat Indonesia.

Sekedar informasi tambahan, saya yakin selain ketiga tempat ini masih ada tempat-tempat lain bercita rasa luar negeri, maka tunggu saja edisi posting-an berikutnya mengenai “Indonesia Cita Rasa Mancanegara” lainnya.

Tetaplah cinta dan bangga dengan negeri Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *