Berbagai Jenis Dessert Indonesia Yang Sangat Disarankan Untuk Dicoba

Meskipun (menurut keyakinan terbaik saya) kebanyakan di antara kita para pembaca adalah warga negara Indonesia, sepertinya kita jarang mendengar mengenai dessertdessert atau hidangan penutup yang otentik Indonesia.

Maklum saja, menjamurnya berbagai restoran dan tempat makan yang temanya lebih banyak berkiblat ke budaya asing membuat kita berpikir kalau dessert itu identik dengan budaya asing.

Padahal, Indonesia juga memiliki berbagai macam dessert otentik atau asli Indonesia yang dijamin dapat menggoyang lidah wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ini beberapa daftar dessert asli Indonesia yang saya pikir perlu untuk kita semua coba:

1. Dawet

Harusnya ini tergolong sebagai minuman, tapi saya menggolongkannya sebagai dessert karena terkadang terlalu besar untuk disajikan dalam sebuah gelas.

Rasanya yang enak, manis, legit, sekaligus mengenyangkan membuat kita tidak cukup melahap dawet hanya dalam bentuk gelas saja. Saya mau bercerita sedikit: Bahkan, saya dahulu pernah menghabiskan 1 mangkok besar penuh dawet!

Oh, ya, dawet ini umumnya disajikan dengan tambahan es batu. Namun untuk sekedar tips, untuk kita yang tidak tahan dingin, lebih baik mengonsumsi dawet tanpa tambahan es.

Baik itu konsumsi hangat ataupun dingin, lebih baik untuk dawet supaya ditambahkan gula merah yang agak banyak, supaya rasa manisnya makin terasa dan enak-enak-enaaak!

2. Pisang Rebus

Ini dia dessert tradisional Indonesia, yang membuat Indonesia semakin Indonesia.

Dessert pisang murni dengan olahan apapun sejatinya sama enaknya, hanya saja saya pribadi lebih memilih pisang rebus sebagai salah satu dessert khas Indonesia yang dapat Anda semua coba.

Karena, saya percaya natur kuliner Indonesia adalah rebusan, bukan gorengan. Demikian juga dessert dan segala sajian masakan lainnya, naturnya adalah penuh dengan buah-buahan (dan sayur), bukan daging.

Fakta menarik soal dessert pisang adalah, dessert yang disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak, ini telah menjadi favorit sejak jaman berburu dan mengumpulkan makanan.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencicipi dan menikmatinya.

3. Terang Bulan Bangka

Dessert murni Indonesia ketiga yang hendak saya rekomendasikan adalah terang bulan bangka.

Banyak yang menyamakan dessert asli Indonesia satu ini dengan martabak. Kenyataannya, martabak adalah versi gurih dari terang bulan, dan rasa terang bulan selalu manis apapun bentuk dan ukurannya.

Terang bulan Bangka adalah terang bulan yang berukuran kecil. Seperti namanya, terang bulan Bangka memiliki bentuk bulat seperti bulan penuh.

Biasanya, terang bulan Bangka memiliki topping meises, keju, atau susu kental manis, namun seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak pilihan topping yang dapat dipilih dari terang bulan Bangka, seperti Nutella dan Ovomaltine.

4. Bubur Madura (Cenil)

Siapa bilang Madura dengan kuliner pedas andalannya tidak memiliki dessert?

Faktanya, salah satu daerah yang paling dekat dengan Surabaya ini memiliki satu dessert asli Indonesia yang sangat fenomenal dan harganya juga amat-sangat terjangkau. Bubur Madura namanya.

Kendati banyak variasi bubur Madura yang beredar di pasaran, saya sendiri paling menyukai cenil. Cenil adalah semacam dessert yang dibentuk seperti ulat-ulatan berwarna merah muda terang dan disajikan dengan gula merah, kelapa, atau santan.

5. Kue Lumpur

Jangan kira hanya bangsa asing saja yang memiliki mud cake sebagai andalan, karena Indonesia, negara kita, juga memilikinya. Tidak tanggung-tanggung, mud cake diterjemahkan ke dalam bahasa setempat menjadi kue lumpur.

Berbeda dengan mud cake di negeri seberang, kue lumpur Indonesia berukuran kecil, mungil, namun tetap enak dilihat dan disantap.

Biasanya tidak disajikan bersama dengan saus, namun orang-orang Indonesia masa kini ada saja yang mencampurkannya dengan saus cokelat. Rasanya pun tetap enak dengan ataupun tanpa saus. Sudah begitu, teksturnya yang lembut bisa membuat kita ingin lagi dan lagi.

***

Itulah 5 di antara dessert tradisional Indonesia favorit saya yang saya pikir perlu untuk kalian semua para pembaca coba. Dengan adanya ulasan mengenai dessert tradisional Indonesia ini, paling tidak kita telah mengetahui kalau Indonesia pun memiliki berbagai macam pilihan dessert asli Indonesia yang siap menggoyang lidah wisatawan manapun.

Siap mencoba dessert buatan negara sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *