Keunikan Penataan Taman Villa dengan Berbagai Ukurannya yang Dijamin Akan Mengefisienkan Penggunaan Lahan

Apakah “hijau” atau “rumput” yang ada pada pikiran Anda semua apabila ada yang mengatakan mengenai “taman”?

Omong-omong, itu taman yang umum kita ketahui. Dengan berbagai jenis flora dan fauna yang indah, berwisata ke taman menjadi salah satu pilihan terbaik wisatawan untuk melepas penat dari kesibukan pekerjaan.

Di saat yang sama, kini banyak bermunculan jenis taman di berbagai tempat seperti pada saat menyewa villa. Tergantung dari masing-masing ukuran luas tanah, penataan taman villa dapat saja menjadi beragam.

Artikel ini akan membahas mengenai keunikan penataan taman villa dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda, yang dijamin akan memberikan ide baru mengenai efisiensi penggunaan lahan, karena ternyata taman di lahan yang terbatas pun dapat seolah menjadi sumber daya yang tidak terbatas seperti halnya taman yang tidak “terikat” pada bangunan-bangunan seperti villa.

Selain itu, pemilik villa akan banyak beruntung dari ide-ide pendatang penghuni-penghuni baru semacam ini. Berikut ini adalah daftar kemungkinan penataan taman villa apabila ditinjau dari ukuran masing-masing villa:

1. Penataan Taman untuk Lahan Villa Berukuran Sempit

Yang dimaksud dengan lahan berukuran sempit berkisar antara kurang dari 250 hingga 500 meter persegi. Untuk menghindari salah paham yang biasa terjadi, sebuah villa berukuran besar dapat memiliki luas lahan yang sempit, selama proporsi keseluruhan kamar dengan lahan taman di luar rumah lebih kecil.

“Jatah” lahan yang sempit pada villa ini menantang bagi siapapun yang ingin mengefisienkan penggunaan lahan mereka. Dengan sedikit polesan, maka taman “mungil” villa ini bisa menjadi salah satu taman terindah.

Berbagai jenis bunga berukuran kecil dengan macam warna yang lebih dari 5 macam dapat Anda, para pemilik villa, jadikan acuan untuk menata villa sehingga akan menarik banyak wisatawan. Alternatifnya, Anda juga dapat memanfaatkan kombinasi menarik lain seperti gazebo atau danau mini sebagai daya tarik tambahan villa.

2. Penataan Taman dengan “Jatah” Lahan Tanah Berukuran Besar

“Jatah” luas lahan villa yang dikatakan besar atau luas untuk menampung taman adalah luas lahan yang lebih dari 2 ribu meter persegi. Karena luas, maka orang cenderung berpikir kalau lahan villa semacam ini akan lebih mudah didesain.

Kenyataannya, berbagai bentuk modifikasi taman yang sedang “in” dan dapat diaplikasikan pada lahan villa sering membuat pusing. Apalagi, yang namanya tren selalu berubah-ubah. Kemarin kita mengenal adanya Japanese Garden sebagai tren taman dalam penginapan (termasuk villa), lalu berkat berbagai situs sosial media kita mengenal adanya moonlight garden, besok-besok ada lagi jenis-jenis tanaman lain… Yang semuanya dapat diaplikasikan pada lahan berukuran besar.

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena gambaran beberapa taman villa di Indonesia seperti Villa Teretes yang berlokasi di Kompleks Puncak Resort, Bogor, memberikan ide penataan taman untuk villa dengan kapasitas penampungan taman yang besar. Dari desain taman tersebut, aneka macam tugu dengan berbagai jenisnya merupakan hal yang dapat menjadi inspirasi Anda sambil Anda sesuaikan dengan keadaan sekitar villa Anda.

Selain itu, untuk Anda para pemilik villa dengan luas lahan untuk taman yang besar dan memiliki akses lokasi ke tempat sekitar yang mudah dapat melihat pada penataan kolam renang di Villa Nuansa Pegunungan. Kolam renang yang luas dengan tanaman memungkinkan adanya oksigen terserap yang makin banyak, sehingga pengunjung akan lebih dapat menikmati udara segar.

3. Penataan Taman dengan Ukuran yang Bervariasi

Kategori luas lahan satu ini saya masukkan di bagian terakhir, karena sesuai dengan namanya, villa dengan luas lahan ini memiliki penataan taman yang relatif unik dibandingkan dua jenis luas lahan yang sebelumnya saya singgung. Adapun batasan variasi luas lahan yang dimaksud adalah luas lahan yang luas pada beberapa bagian dan sempit pada beberapa bagian lainnya. Misalnya, luas pada bagian halaman luar namun sempit pada bagian parkiran motor.

Kalau sudah begini, area sekitar yang mau ditata merupakan pertimbangan tambahan untuk menata taman di samping luas lahan “jatah” taman.  Contohnya, kita tidak dapat mengaplikasikan desain taman yang sama pada area sekitar parkiran motor dengan area-area lain sekitar villa seperti dekat rumah atau halaman utama.

Area parkiran motor yang terkenal “kumuh” dapat disulap menjadi luar biasa indah dengan sentuhan desain taman yang tepat. Sebagai inspirasi dapat melihat pada penataan rumput warna-warni berukuran kecil di sepanjang area parkiran. Di samping itu, area lain yang lebih “umum” dan biasanya mendapat jatah lebih luas dapat menggunakan tanaman kecil asli Indonesia yang ditempatkan di bagian agak ke tengah yang dapat menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menelitinya lebih lanjut.

***

Demikianlah tiga macam penataan taman untuk villa, yang masing-masing ditinjau dari ukuran luas lahan sebagai “jatah”-nya. Akhir kata, saya ucapkan, mudah-mudahan villa Anda semua para pembaca yang memiliki villa makin laris dan banyak pengunjung yang baik menyewa villa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *