Macam-Macam Lantai Villa dengan Kenyamanan yang Mereka Berikan


Sumber: Pexels

Sebagai salah satu penginapan yang terkesan elit dan megah, villa memiliki berbagai fitur yang pantang untuk Anda semua lewatkan. Boleh dibilang, menyewa villa menjadi salah satu tren yang sedang berkembang di kalangan banyak wisatawan akhir-akhir ini dikarenakan akses yang mudah ke berbagai fasilitas yang akan membuat siapapun menjadi iri.

Namun, ternyata villa bukan hanya sebatas bangunan gedung luar dengan penataan taman yang indah saja. Disadari maupun tidak, ada beberapa hal yang kerap kita lupakan saat menyewa villa. Salah satunya adalah lantai villa yang merupakan bagian dari ruangan tiap kamar villa.

Dikarenakan tidak terlalu banyak orang yang membahas soal kegunaan lantai, kita sering salah mengira lantai sebagai sekadar tempat untuk berjejak dan membersihkan kotoran. Siapa sangka, ternyata masing-masing material pembentuk lantai dapat memberikan derajat kenyamanan yang berbeda-beda untuk masing-masing penghuni villa.  Berikut adalah ulasannya:

1. Kayu


Sumber: Skitterphoto

Di jaman yang serba mengagungkan produk-produk ramah lingkungan ini, kita sering menjumpai berbagai villa dengan lantai kayu sebagai alas dominannya. Kalau dulu lantai kayu hanya dibatasi pada ruangan ber-space besar seperti ruang tamu villa, kini lantai kayu dapat dijumpai di hampir semua ruangan villa, sebut saja dapur dan kamar tidur sebagai contohnya.

Dari sisi kenyamanan yang diberikan, lantai kayu yang ramah lingkungan akan memberikan kehangatan untuk kaki yang tidak beralas. Di samping itu, peletakan karpet tebal berukuran sedang-ke-besar atau sandal kamar mandi di atas lantai yang terbuat dari kayu akan menambah kehangatan, khususnya ketika daerah sekitar villa merupakan daerah yang dingin atau sejuk.

Di sisi yang lain, kayu sebagai bahan dasar lantai juga memiliki batasan kenyamanan. Misalnya, tidak afdal apabila mengaplikasikan lantai kayu pada kamar mandi, karena membuat keringat makin bercucuran dan memberikan rasa panas sehingga efek mandi tidak akan banyak terasa.

2. Keramik


Sumber: Simpolo_Ceramics

Keramik sebagai salah satu bahan dasar pembuat lantai villa telah dikenal sejak penyewaan villa belum menjadi viral seperti sekarang ini. Adapun “selebritis” lantai ini umumnya muncul dalam kumpulan persegi yang saling simetris motif maupun ukurannya, namun tidak jarang juga muncul dalam bentuk

Bagaimana dengan kegunaannya? Dari sini, banyak orang yang masih meraba-raba kebermanfaatannya, sehingga saya merasa harus menuliskannya. Berkebalikan dengan lantai kayu yang bersifat hangat, lantai keramik cenderung dingin dan lebih cocok diaplikasikan pada villa di daerah beriklim hangat.

Umumnya, pengaplikasian keramik lebih cocok di bagian kamar mandi, sehingga membuat kulit lebih mudah dibersihkan dan tidak terganggu oleh panas. Namun, beberapa villa kali ini telah mengaplikasikan pada garasi mobil, yang membuat garasi yang terkenal “kotor” menjadi lebih indah dipandang.

Kendati demikian, jangan pernah menaruh lantai keramik sebagai dasar parkiran motor. Memang benar, motor memiliki natur “panas” sehingga butuh lantai “dingin” untuk menyeimbangkannya. Namun, jangan lupa, kebanyakan motor cenderung merusak lantai yang terbuat dari keramik.

3. Marmer


Sumber: Pexels

Karena villa identik dengan kemewahan yang eksklusif, maka dapat dikatakan hampir seluruh villa menggunakan bahan material ini. Tidak hanya untuk tugu, namun juga untuk kamar tidur atau kamar mandi.

Selain memberikan kesan mewah, lantai marmer lebih dingin dibandingkan lantai keramik. Namun, kegunaan lantai marmer lebih langsung dirasakan pada telapak kaki seseorang, di mana lantai yang terbuat dari marmer akan dapat mendinginkan kaki lewat proses yang alami.

Karena itu, villa yang dominan diisi oleh lantai marmer lebih cocok dikunjungi wisatawan yang berlibur bersama dengan keluarga, khususnya keluarga yang telah berusia lanjut. Selain memiliki cita rasa dingin yang aman, lantai marmer juga mempercepat penyembuhan kram kaki sehingga kaki akan selalu siap menjajaki petualangan wisata selanjutnya.

Sebenarnya, lebih baik apabila lantai marmer ini khusus diaplikasikan pada kamar-kamar dengan akses kunci seperti kamar tidur saja, mengingat kamar-kamar ini umumnya memiliki luas yang sempit. Beberapa orang tidak memiliki toleransi udara dingin berlebih, sehingga tidak cocok diaplikasikan pada ruangan ber-space besar seperti ruang tamu.

***

Ketiga jenis lantai tersebut adalah lantai-lantai villa yang sudah menjadi viral dengan masing-masing kegunaan dan batasannya. Paling tidak, setelah mengetahui kegunaan masing-masing lantai dan batasannya, kita akan memiliki pertimbangan tambahan untuk memilih villa saat hendak berlibur di dalam maupun luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *