Antara Susu Sapi atau Teh, Mana yang Lebih Baik untuk Diminum Saat Berada di Villa?


Sumber: umehanayuuki

Berbicara mengenai wisata yang melibatkan makan, biasanya kita lebih sibuk memikirkan makanan yang akan dibawa sepanjang perjalanan atau yang akan dimakan saat tiba di tempat tujuan. Padahal, sebenarnya minum juga merupakan rangkaian wisata kuliner yang tidak boleh dilupakan saat berlibur ke negara manapun.

Sebagai rangkaian dari kegiatan makan, minum minuman yang bergizi merupakan salah satu hal yang membuat perut orang manapun menjadi kenyang. Lagipula, minum itu penting untuk menambah cairan tubuh agar tidak dehidrasi yang berujung pada kejadian yang tidak diinginkan pasca berwisata.

Berbagai villa menyediakan beragam “minuman selamat datang” untuk orang-orang yang menyewa villa. Dua di antara minuman yang paling populer dalam villa adalah teh dan susu. Artikel ini akan membagikan pertimbangan-pertimbangan yang patut diperhitungkan saat memilih teh atau susu sebagai pelengkap hari dalam menginap di villa, sebagai berikut:

1. Kebutuhan Diet


Sumber: PublicDomainPictures

Baik teh maupun susu sama-sama minuman diet yang sehat. Namun, perlu diingat masing-masing memiliki khasiat dan toleransinya terhadap pengguna yang berbeda-beda.

Dengan kandungan antioksidannya yang kaya, banyak orang cenderung memilih teh untuk diet, entah itu diet yang berhubungan dengan berat badan atau pola makan secara umum. Orang berusia produktif dan senior pun banyak yang memilih teh karena sifatnya yang menenangkan dan menghangatkan.  Tidak heran tempat-tempat wisata bagi pecinta ketenangan seperti kebun teh Walini di Bandung menjadi destinasi wisata yang populer.

Padahal, susu juga ampuh dalam mengatasi masalah tidur yang berdampak pada diet dan pola makan seseorang. Di satu sisi, susu adalah pilihan yang cocok bagi mereka yang perlu menyeimbangkan antara tinggi dan berat badan mereka. Beberapa jenis susu ramah vegetarian seperti susu kedelai atau susu almond dapat menghaluskan kulit sekaligus membantu penurunan berat badan secara alami.

2. Makanan Pendamping Minuman


Sumber: Sophkins

Poin lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih teh atau susu sebagai pelengkap sarapan adalah makanan yang mendampinginya. Sebagaimana telah disinggung pada paragraf sebelumnya, makanan dan minuman (termasuk teh maupun susu) merupakan satu rangkaian wisata kuliner yang tidak terpisahkan.

Sama seperti pemilihan teh atau susu terkait kebutuhan diet, kombinasi makanan dan teh ataupun susu akan memberikan efek kimia positif yang berbeda-beda bagi tubuh.

Makanan semacam pisang goreng (salah satu dessert Indonesia paling laris) atau berbagai macam sereal akan lebih baik diminum bersama dengan teh yang rasanya lebih netral. Selain hangat dan ramah di perut, kita pun dapat menjadi langsing sekalipun makan makanan yang manis. Di samping itu, susu sangat baik sebagai teman makan biskuit, cupcake, cookies, atau sejenisnya.

3. Kelompok Umur Dominan


Sumber: PublicDomainPictures

Wisata villa memang wisata yang menggiurkan, sehingga nyaris tidak mungkin bepergian sendirian untuk berwisata dengan menyewa villa sebagai akomodasi utama, kecuali ada alasan-alasan atau tujuan khusus. Karena itu, mereka yang berwisata dengan menyewa villa biasanya adalah rombongan dari berbagai usia.

Adapun usia rombongan wisatawan berbeda-beda tergantung rombongannya. Usia yang berbeda-beda ini berujung pada kebutuhan yang berbeda-beda antar generasi, termasuk dalam pemilihan teh atau susu.

Disebutkan pada poin sebelumnya, orang tua umumnya memilih teh karena enak dan segar di badan, terutama bila meminumnya di pagi hari. Lagipula, saat ini banyak villa dekat kota Surabaya seperti Malang yang menyediakan teh dengan rasa yang enak dan menenangkan di saat yang sama. Di saat yang bersamaan, remaja-pemuda asal daerah perkotaan yang sibuk menyukai teh karena variasi teh yang ditawarkan, seperti oolong tea, pu erh tea, white peony, dan sebagainya.

Susu identik dengan anak kecil, karena iklan-iklan susu biasanya melibatkan bayi atau anak-anak. Namun, tidak jarang juga orang tua yang suka dengan produk susu sapi segar karena rasanya enak dan membuat mereka seperti balik muda lagi.

4. Akses Sekitar Villa


Sumber: CyprusVillas

Sekilas memang terlihat membingungkan, bagaimana bisa pemilihan teh dan susu berhubungan dengan akses villa? Sebenarnya, akses tempat sekitar villa dapat bercerita banyak mengenai spesialisasi villa di daerah yang bersangkutan. Dari sana, kita akan tahu apakah spesialisasinya di bidang teh atau susu.

Kalau akses tempat sekitarnya kebanyakan merupakan kebun teh atau ternak sapi, tentu sudah jelas kalau spesialisasi mereka adalah teh (untuk villa yang berlokasi dekat kebun teh) atau susu (untuk yang lokasinya dekat dengan ternak sapi). Lantas, bagaimana yang akses sekitar villa-nya tidak berhubungan langsung dengan produk teh atau susu?

Lagi-lagi, lihatlah pada produk sekundernya. Bila banyak supermarket, hypermart, atau toko kelontong semacam Indomaret, Alfamart, dan sebagainya, hampir dapat dipastikan spesialisasinya teh, karena pusat-pusat belanja ini kebanyakan menjual aneka macam teh lokal maupun impor yang berkualitas. Bila  daerah sekitar adalah daerah taman atau kolam renang, biasanya segala sesuatu terkait susu (termasuk es krim) adalah yang populer.

Singkat cerita, masing-masing ada 2 pertimbangan atas teh, susu, dan kombinasi makanannya dan 2 pertimbangan lagi atas keadaan sekitar villa. Keempat pertimbangan ini perlu kita lakukan, sehingga acara minum teh, susu, ataupun minuman-minuman lain akan lebih menyenangkan ketika menginap dalam villa di negara manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *