Antara Dapur atau BBQ, Mana yang Lebih Baik untuk Masak Saat Berwisata Mengunjungi Villa?

Sumber: vika-imperia550

Sebagaimana telah saya singgung sedikit pada artikel sebelumnya mengenai perbandingan susu dan teh, makanan memang tiada habisnya untuk didiskusikan kalau berbicara mengenai wisata kuliner. Dalam perjalanan panjang antar kota maupun negara atau saat tiba di negara tersebut, makanan yang lezat hampir selalu merupakan sesuatu yang kita lirik.

Kendati demikian, mayoritas kita memiliki budget yang terbatas. Tiap hari makan enak memang bisa, namun hampir mustahil untuk makan setiap hari di restoran. Lagipula, menu yang sudah ditentukan racikannya oleh tim dapur restoran tertentu mungkin tidak selalu cocok di lidah kita.

Karenanya, beberapa wisatawan memilih untuk berbelanja bahan baku mereka sendiri kemudian meraciknya menjadi suatu masakan yang orisinil, termasuk mereka yang menyewa villa. Dalam meracik bumbu-bumbu sendiri (memasak, red.), wisatawan umumnya dapat memilih antara dapur atau BBQ sebagai tempat masak.

Artikel ini akan membahas pertimbangan-pertimbangan yang harus dipikirkan saat memilih masak di dapur atau BBQ. Poin-poin pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Produk Kecantikan Yang Digunakan

Sumber: zhimin

Poin pertama ini berlaku khusus perempuan. Terdengar janggal, namun sebenarnya, produk kecantikan yang seseorang gunakan akan sangat berdampak dalam kegiatan-kegiatan yang ia lakukan, termasuk memasak di dapur atau menggunakan alat BBQ.

Mengingat beberapa produk kosmetik tidak toleran terhadap hawa panas, maka saat memasak di dapur, usahakan memakai produk cruelty-free yang rendah SPF. Produk semacam ini nyaman digunakan dan sifatnya mendinginkan serta menyegarkan lapisan kulit, selain itu, “rasa”-nya tidak terlalu kuat sehingga lebih resisten terhadap hawa dapur yang umumnya pengap.

Di saat yang bersamaan, mereka yang memilih untuk memasak bahan-bahan mereka lewat alat BBQ outdoor bukan berarti dapat serta-merta memilih kosmetik bercita rasa “tajam”. Sebaliknya, hati-hatilah dengan macam produk kecantikan tertentu seperti kuteks yang mudah rusak ketika mengarahkan tangan ke pemanggang BBQ dalam jarak dekat.

2. Waktu Memasak

Sumber: stafichukanatoly

Yang dimaksud dengan “waktu memasak” bukan lamanya memasak dalam hitungan menit atau jam. Melainkan, “waktu memasak” yang dimaksud adalah saat pagi, siang, sore, atau malam, yang disesuaikan dengan keadaan masing-masing negara atau kota.

Di beberapa negara seperti kebanyakan negara bagian Amerika Serikat, memasak BBQ di alam terbuka lebih baik dilakukan waktu pagi-pagi atau siang, mengingat sore atau malam waktunya menikmati hangatnya masakan khas dapur villa. Di negara-negara lain yang menjunjung tinggi lifestyle seperti Singapura, adalah normal bila memasak BBQ hingga petang hari.

Di beberapa kota di Indonesia yang terkenal akan BBQ-nya seperti Malang, memasak menggunakan pemanggang BBQ lebih seru dan greget di malam hari hingga menjelang subuh. Pada beberapa daerah dengan udara terbuka yang sejuk seperti daerah Puncak, akan lebih baik menikmati BBQ sebelum pukul 10 pagi, setelahnya kembali ke dapur yang nyaman untuk menyusun makanan yang lezat.

3. Toleransi Kesehatan Masing-Masing Pengunjung

Sumber: Niko_Shogol

Toleransi kesehatan tidak hanya berlaku pada makanan yang dihasilkan sesudah memasak. Namun, asal masakan tersebut dimasak, entah itu berasal dari dapur atau alat BBQ, toleransi kesehatan masing-masing pengunjung villa tetap perlu dipertimbangkan.

Biasanya, orang akan memilih memanggang BBQ di alam terbuka karena mereka memiliki toleransi lebih terhadap hawa sejuk pegunungan yang sering menjadi latar belakang tempat pemanggangan BBQ. Namun, jangan lupakan mereka yang kemana-mana mengenakan jaket atau sweater, karena sesungguhnya, cara masak BBQ bukan untuk diri mereka.

Jangan remehkan eksistensi dapur yang kelihatannya kotor, karena bagi sebagian orang, dapur seperti ini adalah dapur terbersih yang dapat mereka jumpai. Dibandingkan harus kedinginan karena udara gunung atau embun pagi yang membuat menggigil, lebih baik berada di dapur dengan kipas angin seadanya, ‘kan?

4. Harga Sewa Villa

Sumber: taoge

Nah, ini dia yang tidak boleh luput dari pertimbangan. Bisa jadi, harga (atau kesanggupan membayar biaya) sewa villa merupakan pertimbangan utama dalam memilih segalanya terkait dengan bagian luar maupun dalam villa, termasuk pertimbangan fasilitas memasak berupa dapur atau BBQ.

Beberapa villa di Puncak memiliki fasilitas memasak yang sangat lengkap meskipun harganya murah. Apabila Anda menemukan villa semacam ini, maka Anda beruntung! Anda dapat menyewa villa tersebut melalui contact person masing-masing pemilik villa pada situs ini.

Namun, ada juga beberapa villa dengan harga dan fasilitas “mahasiswa”, apa maksudnya? Sebagaimana harganya yang bersahabat untuk kantong pelajar atau mahasiswa, fasilitas masaknya pun apa adanya. Biasanya disediakan dapur minimalis, namun apabila ingin memanggang dengan alat BBQ, alat BBQ-nya bawa sendiri.

Di saat yang sama, meskipun hampir semua villa berharga mahal dengan fasilitas full-service kerap memiliki alat pemanggang BBQ sendiri, ada beberapa di antaranya yang menyediakan dapur saja. Namun sebagai villa “di-luar-budget-normal”, villa-villa ini tetap memiliki perbedaan kelengkapan pilihan alat masak dibandingkan dengan yang lebih ekonomis. Persoalannya hanya pada harganya.

***

Singkat cerita, pertimbangan saat memilih dapur atau BBQ dalam memasak saat berlibur sambil menyewa villa dapat dilihat dari sisi dalam maupun luar villa.

Dari sisi dalam villa ada waktu memasak yang disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing dan harga sewa masing-masing villa. Sementara itu, ada produk kecantikan yang berkontribusi dalam aktivitas memasak dan toleransi kesehatan masing-masing anggota rombongan wisatawan yang perlu dipertimbangkan sebagai faktor luar penentu pilihan dapur atau alat BBQ sebagai peralatan masak.

Jadi, akhirnya Anda memilih masak di dalam dapur villa yang nyaman atau outdoor BBQ yang ramah lingkungan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *