Ide Makanan Berat yang Bisa Diaplikasikan untuk Dietary Intake Apapun pada Pengunjung Villa

Sumber: Wow_Pho

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai poin-poin yang harus dipertimbangkan saat memilih dapur sebagai tempat masak atau alat BBQ outdoor untuk masakan ramah lingkungan. Dari artikel tersebut, kita telah mengetahui toleransi kesehatan sebagai salah satu pertimbangan penting untuk menjalani wisata kuliner dalam area villa.

Toleransi kesehatan, atau biasa disebut dengan dietary intake, dapat saja berbeda-beda untuk masing-masing orang. Tidak hanya berkaitan dengan pemilihan tempat untuk makan selama beristirahat di villa, namun juga pemilihan makanan.

Artikel ini akan membahas beragam makanan yang cocok untuk dimakan untuk semua kalangan dengan bermacam dietary intake untuk pengunjung tempat sewa villa. Supaya ada variasi dengan artikel sebelumnya mengenai dessert Indonesia, artikel ini saya buat beda dengan membahas soal makanan berat asal seluruh dunia, termasuk Indonesia dan luar Indonesia, sebagai berikut:

1. Garden Salad

Sumber: webandi

Salad asal Amerika Serikat satu ini bukan hanya ramah vegetarian, namun juga penuh dengan sayur-mayur dan buah-buahan yang menyehatkan. Tidak heran banyak orang yang menyukainya, termasuk orang tua yang umumnya suka menginap di villa.

Bagi anak muda yang semangatnya membara untuk mencoba hal-hal baru yang berkaitan dengan makanan, dapat juga menambahkan dressing kekinian seperti kombinasi saus mayonnaise dan mustard yang berasa ringan, saus BBQ, atau cabe rawit ulekan agar makin cocok dengan lidah orang Indonesia. Lagipula, saus-saus ini tidak berbahaya bagi mereka yang berpenyakit, justru akan menyembuhkan berbagai macam jenis alergi (terutama BBQ dan sambal).

2. Salmon Panggang

Sumber: robsonmelo

Makanan berat istimewa satu ini paling cocok dikonsumsi saat menyewa villa di daerah perairan. Villa di daerah perairan banyak didominasi oleh negara-negara Asia Tenggara dan wilayah Oceania, salah satunya adalah Wellington, New Zealand, yang merupakan salah satu wilayah penghasil salmon terbaik di dunia.

Meskipun salmon di negara asalnya dikonsumsi bersamaan dengan roti, kita lebih mengenal salmon panggang matang sebagai bentuk makanan berat istimewa yang lebih sehat dan aman bagi sistem pencernaan. Agar lebih hangat di perut, sajikan salmon panggang dengan saus putih. Supaya suasana makan dalam villa lebih greget, akan lebih baik apabila langsung mengolah salmon sesudah menangkap ikannya di lautan.

3. Nasi Goreng Bungkus Telur Dadar

Sumber: sunglockryu

Nasi goreng memang makanan sejuta umat. Baik di dalam maupun di luar Indonesia, siapapun akan selalu memburu nasi goreng sebagai salah satu makanan berat terlaris di sanubari tiap wisatawan, khususnya yang dari Indonesia.

Salah satu inovasi kekinian dari nasi goreng adalah nasi goreng yang dibalut dengan telur dadar. Inovasi ini sebenarnya dibawa oleh Jepang dengan nama omurice, kemudian disesuaikan dengan lidah Indonesia yang suka dengan masakan berasa lebih tajam dan menggoyang lidah.

Akhirnya, muncul berbagai varian nasi goreng berbalut telur dadar, mulai nasi goreng sederhana dengan udang dan kacang polong hingga nasi goreng versi vegetarian yang ramah lingkungan. Bagi yang sudah mulai kesulitan mengunyah, nasi goreng dapat dibuat lebih lembut dengan beras bertekstur lembut.

4. Bakso Campur

Sumber: meinerestampe

Bila Anda mampir ke villa-villa yang berlokasi di Malang, ada baiknya Anda mencicipi bakso campurnya yang sangat lezat. Bakso campur khas Malang biasanya dapat dipesan lewat abang-abang pinggir jalan, namun tenang saja, kebersihan bakso campurnya tidak perlu diragukan lagi.

Bakso legendaris ini memiliki ciri khas banyak isian dan kuahnya yang menghangatkan badan sambil merasakan oksigen sejuk pegunungan mengaliri organ internal tubuh. Beberapa isian yang umum misalnya adalah siomay, mie biru, pangsit goreng, dan daun kucai yang dipotong kecil-kecil.

Yang lebih istimewa, kita dapat “memodifikasi” bakso ini sesuai preferensi. Misalnya, kita dapat menambahkan atau mengurangi kadar saus atau gorengan sesuai dengan kebutuhan diet maupun selera kita masing-masing. Di beberapa momen spesial, kita juga dapat menambahkan sate ayam yang wuenak tenan.

5. Tahu Mapo

Sumber: Guilhem Vellut

Tidak jauh dari poin sebelumnya mengenai bakso campur sebagai makanan terbaik yang dapat Anda nikmati di tempat makan manapun Anda berada, tahu mapo yang berasal dari Tiongkok ini juga relatif fleksibel dalam penyajiannya.

Khusus Anda yang tidak memiliki toleransi tinggi terhadap rasa pedas, mapo tahu dapat disajikan dengan kuah yang tidak pedas dan juga sama enaknya. Untuk Anda dengan dietary intake vegan atau vegetarian dapat mengganti daging yang biasa dipakai untuk menyajikan tahu mapo dengan mock meats (daging protein serupa daging sungguhan), kacang kedelai, atau hanya tahu saja.

Apapun dan bagaimanapun penyajian tahu mapo, tetap saja tahu mapo dapat disesuaikan dengan masing-masing toleransi kesehatan orang yang berbeda-beda. Lagipula di daerah villa yang dingin, tahu mapo yang hangat dapat membuat Anda kembali bersemangat melakukan aktivitas menjelajah sekitar maupun luar villa.

***

Inti yang mau saya sampaikan dari kelima ide makanan berat tersebut adalah makanan disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan kesehatan atau dietary intake para pengunjung villa. Selain itu, makanan tetap tersaji enak dengan sentuhan dapur atau BBQ seperti pada artikel sebelumnya, sehingga rombongan pengunjung antargenerasi dapat menikmati indahnya kebersamaan saat makan dalam ketenangan villa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *