Hal Menarik dari Taman Ken Dedes di Malang: Apa Saja Itu?


Sumber: Dwi Cahyono

Dalam artikel-artikel sebelumnya, kita telah tahu soal Malang yang memiliki banyak tempat pariwisata yang indah. Salah satunya adalah Taman Ken Dedes dalam artikel ini.

Dari fotonya saja, kita sudah melihat betapa indahnya taman yang berlokasi di daerah Blimbing, kota Malang ini. Kombinasi rumput hijau dengan batu-batuannya sangat serasi dan memunculkan rasa penghargaan akan sejarah Indonesia yang kaya.

Selain hal tersebut, paling tidak Taman Ken Dedes ini juga memiliki berbagai macam keunggulan dan fitur lainnya. Beberapa di antaranya saya bahas dalam ulasan artikel ini sebagai berikut:

1. Dekat dengan Berbagai Penginapan


Sumber: Dwi Cahyono

Taman Ken Dedes boleh saja berlokasi agak ke ujung kota Malang, namun jangan salah, di sekitarnya ada banyak penginapan yang dapat diakses pengunjung. Selain rumah-rumah penduduk, ada juga aneka villa siap huni dengan harga terjangkau.

Keberadaan villa yang identik dengan ketenangan membuat Taman Ken Dedes menjadi tempat berwisata yang baik untuk individu maupun keluarga yang suka atau membutuhkan ketenangan. Selain mengurangi beban pikiran, ketenangan semacam ini juga akan menghemat waktu dan tenaga untuk mengusahakan keamanan tambahan di sekitar hunian.

Bagi keluarga atau individu yang tidak kuat jalan karena suatu sebab dan lain hal, ada transportasi ber-AC dan luas yang friendly bagi semua tipe tubuh yang dapat digunakan. Jangan lupa untuk datang sepagi mungkin, selain karena semakin siang pengunjung semakin padat, datang pagi-pagi ke Taman Ken Dedes juga akan menolong kita menikmati keindahan sejarah kota Malang yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

2. Jogging Track Berpusatkan Mandala

Kalau kita lihat di video di atas, kita akan tahu kalau Taman Ken Dedes dikelilingi oleh bentuk lingkaran yang indah dipandang dari sisi bird view fotografi. Kemungkinan, kita akan berpikir kalau lingkaran yang indah dipandang itu adalah daya tarik Taman Ken Dedes yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara No. 4, Kota Malang ini.

Kenyataannya, lingkaran yang indah dipandang tersebut tidak berhenti di sekitar lingkaran penghias. Apabila kita teruskan melihat video sampai kira-kira setengah jalan, kita akan mengetahui kalau lingkaran tersebut serupa dengan jogging track. Faktanya, banyak juga wisatawan yang memanfaatkan jogging track Taman Ken Dedes ini untuk berlari-lari kecil di pagi hari dan menjadi sehat karenanya.

Tidak berhenti sampai di sana, kalau kita perhatikan lebih jauh lagi, jogging track lingkaran yang artistik dari Taman Ken Dedes ini memiliki simbol Mandala yang terletak persis di tengah-tengah. Simbol Mandala bukan hanya penghias, namun dapat menjadi simbol pendukung kegiatan yoga, sehingga jogging track ini juga cocok dengan kegiatan yoga di pagi hari.

3. Sarana Uji Nyali Kapanpun Anda Berada


Sumber: tamanmalang

Meskipun mengunjungi Taman Ken Dedes lebih baik dilakukan pada pagi hari, kenyataannya taman bersejarah milik kota Malang ini dapat juga digunakan sebagai sarana uji nyali.

Yang lebih seru, uji nyali tidak hanya dapat dilakukan di malam hari, namun juga pada pagi dan siang hari. Dari namanya saja, kita tahu kalau ada patung atau arca Ken Dedes pada taman yang terletak di pinggiran kota Malang ini, dan kita pun tahu kalau Ken Dedes itu ada kira-kira di abad ke-12. Kebayang, ‘kan, kalau tiba-tiba hidup kembali?

Lagipula, semua arca Ken Dedes selalu menampilkan mimik wajah yang seolah-olah hidup, meskipun yang bersangkutan telah lama tiada. Ia juga dapat berbicara di malam hari dengan para pengunjung. Jangan lupa juga ada beberapa “tamu tak diundang” yang dapat datang kapanpun saat kita lengah.

Uji nyali semacam ini mungkin seram, namun baik diakui atau tidak, bukankah kita juga sering tertarik dengan taman yang menawarkan uji nyali? Karena itu, wisata Taman Ken Dedes merupakan salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Malang.

***

Singkat cerita, bila mengunjungi taman, manfaatkan keindahan taman itu sebaik mungkin. Jangan hanya untuk selfie, namun pergunakan pula untuk hal-hal yang membangun kesehatan jasmani maupun rohani. Termasuk untuk Taman Ken Dedes, di mana banyak kegiatan yang dapat kita lakukan di dalamnya dan menambah daya tariknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *