Antara Nasi Uduk Sate Taichan Surabaya dan Nasi Gurihnya D’Krezz, Mana yang Lebih Enak?


Sumber: Lezat Bergizi

Selain nasi goreng, nasi uduk menjadi hidangan utama yang paling disukai wisatawan asing maupun wisatawan lokal Indonesia. Kekayaan lauknya dengan rasa nasinya yang khas membuat nasi uduk memiliki tempat tersendiri dalam hati para pelanggannya.

Kini, nasi uduk memiliki berbagai macam variasi dengan tingkat kelezatan yang berbeda-beda. Melalui pengalaman mencicipi hidangan nasi yang juga disebut dengan nasi gurih ini, paling tidak di Surabaya, kota asal saya sendiri, saya dapat menemukan Sate Taichan Surabaya dan D’Krezz sebagai dua tempat wisata kuliner dengan rasa nasi uduk terbaik.

Di antara Sate Taichan Surabaya dengan D’Krezz, mana yang sebaiknya menjadi pilihan kita saat berlibur dengan menyewa villa di daerah-daerah sekitar kota Surabaya?

Sate Taichan Surabaya


Sumber: Betty Anastasia Wulandari

Seperti namanya, outlet satu ini memang memiliki sate taichan sebagai menu utamanya. Menu-menu yang lain sepertinya sederhana, termasuk nasi uduknya. Namun jangan salah, karena di balik kesederhanaannya, justru nasi uduk Sate Taichan Surabaya merupakan salah satu yang terenak.

Boleh jadi, nasi uduk buatan Sate Taichan Surabaya merupakan nasi uduk yang penampilannya menipu. Nasinya kelihatan sedikit, padahal sebenarnya ketika dipecah banyak juga. Ayamnya pun berukuran besar dan enak dengan beberapa bagian tulang yang dapat digigit.

Jangan lupakan soal bawangnya yang menggoda dan menjadi daya tarik tersendiri dari nasi uduk Sate Taichan Surabaya. Bila digabungkan dengan jeruk nipis yang menjadi ciri khas nasi uduk Sate Taichan Surabaya dibandingkan dengan nasi uduk D’Krezz, rasa asam-gurihnya berpadu dengan harmonis dan menghasilkan cita rasa masakan yang sedap.

Mungkin yang membuat agak sedikit “ilfil” adalah kerupuknya, di mana penampilan kerupuknya ada warna merah, kuning, dan hijau, sehingga terkesan tidak alami. Selain itu, bumbu sambal dan kecapnya juga kurang “mengena”. Namun dari kesemuanya itu, nasi uduk Sate Taichan Surabaya tetap menjadi salah satu nasi uduk dengan rasa yang paling “nendang” di Surabaya.

D’Krezz


Sumber: dkrezz.sby

Dibandingkan dengan nasi uduk Sate Taichan Surabaya, nasi “uduk” yang di D’Krezz disebut dengan aneka nasi gurih ini menang dari segi inovasinya. Segi inovasi ini bisa kita lihat dari packaging-nya maupun aneka menu nasi gurih yang disediakan.

Packaging-nya lebih berwarna dan memiliki konsep “nasi gurih mangkok pangsit” yang kreatif, yang mana merupakan kelebihan dibandingkan dengan nasi uduk Sate Taichan Surabaya. Konsep “nasi gurih mangkok pangsit” ini mengarah pada cara penyajiannya, di mana nasi gurih disajikan dalam mangkok pangsit yang dapat dimakan bersama dengan nasi. Kreatif, bukan?

Selain itu, varian nasi gurih yang ada bermacam-macam, mulai dari nasi hainan ayam jamur yang merupakan menu jagoannya hingga nasi hijau ayam kemangi seperti yang tergambar dalam pengantar poin ini. Ini juga merupakan kelebihan D’Krezz dibandingkan dengan nasi uduk Sate Taichan Surabaya.

Salah satu kelemahan D’Krezz adalah sambalnya, di mana bagi beberapa orang, sambal yang ada terlalu sedikit. Selain itu, rasa nasi gurih maupun lauknya juga kurang terasa apabila dibandingkan dengan nasi uduk Sate Taichan Surabaya.

***

Kesimpulannya, pemilihan nasi gurih D’Krezz atau nasi uduk Sate Taichan Surabaya dikembalikan ke selera masing-masing pelanggan. Bagi yang suka rasa nasi yang sederhana namun berasa gurih yang alami dan kuat dapat memilih nasi uduk Sate Taichan Surabaya. Di sisi lain, bagi yang suka nasi gurih anti-mainstream yang senantiasa berinovasi dalam penyajian maupun variasinya dapat memilih D’Krezz yang penyajian maupun jenis nasi gurihnya lebih bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *