Menikmati Indahnya Wisata Alam Albania, Negara Eropa yang Terlupakan


Sumber: Pexels

Meskipun kelihatannya sederhana, wisata alam menjadi salah satu wisata yang paling banyak dinikmati wisatawan masa kini. Hal itu dikarenakan kemampuan wisata alam yang sanggup menenangkan jiwa, terlepas dari asal negara tujuan wisatanya.

Beberapa tempat terkenal dengan wisata alamnya yang indah, termasuk Resort World Sentosa di Singapura. Sayangnya, beberapa tempat dengan wisata alam yang (seharusnya) indah tidak terlalu banyak terekspos, termasuk negara Albania yang berada di kawasan Eropa Barat ini.

Ada banyak wisata alam yang dapat kita jelajah sesuai dengan kepribadian dan preferensi kita masing-masing saat mengunjungi salah satu negara Balkan ini. Berikut adalah daftar “surga tersembunyi” alam Albania yang sayang untuk kita lewatkan begitu saja:

1. Pantai Ksamil


Sumber: CristianMarin

Salah satu hal yang menonjol dari wisata alam Albania adalah airnya yang berwarna terang nan jernih. Pantai Ksamil yang terletak di daerah Saranda, Albania ini merupakan salah satu cara bagi wisatawan untuk melihat dan menikmati jernihnya air negara Albania.

Untuk kita yang berjiwa tenang, kita dapat ikut serta dengan kelompok wisatawan yang berada di pesisir pantai dalam bersantai sambil berjemur. Tambahannya, kita juga dapat memesan pizza di restoran pizza dekat pantai Ksamil, atau menyewa villa yang dekat dengan pantai yang membentang luas ini.

Kita yang memiliki jiwa petualang dapat mencoba untuk mencebur di dalam airnya yang sejuk namun nyaman untuk berenang. Nikmati juga boat trip mengelilingi pantai yang ramai turis tiap tahunnya ini dengan harga yang sangat terjangkau, yakni setara 0.7 Euro atau kira-kira sebesar 10 ribu rupiah per orang.

2. Gunung Dajti


Sumber: Alessandro Giangiulio

Sebagai ibu kota dan pusat pemerintahan negara Albania, Tirana juga memiliki banyak wisata alam yang dapat kita kunjungi. Salah satunya adalah Gunung Dajti, di mana gunung ini memiliki perjalanan yang panjang, berliku, namun asyik bagi para pecinta alam.

Kalau kita lihat dari foto pengantar poin ini saja, kita akan tahu kalau sekeliling gunung tempat kita bisa melihat pemandangan kota Tirana secara menyeluruh ini didominasi oleh hutan. Mencapainya pun tidak bisa berjalan kaki, harus menggunakan kendaraan yang lokasinya agak jauh dari gunung.

Umumnya, turis menggunakan taksi yang memiliki jadwal operasional sendiri. Karena Gunung Dajti merupakan area wisata alam yang cukup terkenal di kawasan Tirana, maka hampir semua sopir taksi mengetahui arahnya. Kendati demikian, turis-turis yang memiliki nyali besar boleh juga menaiki kereta gantung yang terdapat di sekitar area Gunung Dajti.

Jangan lupa juga ada banyak restoran tempat kita dapat memesan makanan selagi menikmati pemandangan alam gunung dengan ketinggian 5.292 kaki ini. Karena perjalanannya panjang, perut bisa saja lapar, bukan?

3. Danau Koman

Sumber: Mateusz Garcyzk

Danau yang terletak di daerah Shkoder ini dapat menjadi cikal-bakal petualangan menuju petualangan sekitar daerah pegunungan Alps a la Albania. Kalau melintasi danau ini, maka siap-siaplah stamina dan fisik yang sehat karena kita akan banyak berpindah tempat dan mengarungi alam sekitar.

Perjalanan kita di Danau Koman, Shkoder ini tidak akan lengkap apabila tidak mengendarai ferry yang terkenal berukuran besar di sekitar danau. Mungkin kita dapat menaiki bus atau kereta gantung dari Shkoder, namun perjalanan yang ditempuh dapat memakan waktu beberapa jam lebih lama dibandingkan saat kita memilih kendaraan ferry.

Lagipula dengan mengendarai ferry, kita akan berkesempatan untuk melihat sekeliling Danau Koman. Misalnya, pegunungan Valbone yang bentuknya mirip dengan batu karang raksasa, dan elok dipandang di pagi atau siang hari waktu setempat. Atau, kita juga dapat melihat pemandangan PLTA setempat yang dibangun kira-kira tahun 1980-an.

Berbagai villa maupun hunian sejenis yang ada tersembunyi di sekitar daerah pegunungan menambah keindahan wisata alam sembari mengendarai kendaraan yang melintas pada Danau Koman. Sementara itu, pemandangan Taman Nasional Thethi dan Taman Nasional Valbona Valley menunggu di pucuk untuk memberikan hiburan ekstra bagi kita pecinta wisata alam di tempat yang jauh seperti Albania ini.

***

Seru, bukan, wisata alam di Albania? Ternyata meskipun Albania merupakan daerah di Eropa yang terpencil, Albania memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan akses ke restoran, taman nasional, maupun penginapan yang mudah. Lagipula, status Albania di masa lalu sebagai penyelamat nomor satu orang Yahudi pada jaman Nazi membuat kita tidak sabar untuk segera mengunjungi negara kecil namun cantik di Eropa Barat satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *