Sebelum Memilih Akomodasi Wisata, Ada Baiknya Anda Ketahui Perbedaan Villa dengan Guest House Berikut Ini


Sumber: Mariamichelle

Selain makan dan minum, tempat tinggal atau akomodasi merupakan “barang wajib punya” ketika hendak mengunjungi sebuah tempat wisata. Sebagaimana ada dalam situs sewa-villa.com ini, villa dan guest house merupakan 2 akomodasi wisata terlaris untuk dipesan para wisatawan.

Kendati hampir sama dari segi bentuk luar maupun fasilitasnya, baik villa maupun guest house memiliki berbagai poin perbedaan yang perlu untuk kita pertimbangkan. Artikel ini akan mengupas poin-poin perbedaan pada villa maupun guest house tersebut sebagai berikut:

Villa


Sumber: cstekelenburg

Anda (beserta rombongan, bila ada) tipe wisatawan yang suka bepergian sejauh-jauhnya? Barangkali, villa adalah pilihan yang tepat untuk Anda sewa. Selain memiliki tampilan yang lebih indah dibandingkan dengan guest house atau penginapan serupa lainnya, lokasi villa yang jauh dari pusat keramaian membuat perjalanan menuju tempat wisata menjadi lebih menarik dan menantang.

Alternatifnya, mungkin Anda-Anda sekalian adalah peminat wisata alam yang asri, seperti yang terdapat di Albania, negara Eropa yang mungil, tersembunyi, namun cantik dari segi pemandangan alamnya. Atau,  mungkin Anda penyuka wisata yang dekat dengan berbagai taman nasional di seluruh dunia. Tidak masalah, karena pada umumnya, villa-villa memiliki akses ke wisata alam yang asri, kaya, dan murni seolah tidak tersentuh.

Sayangnya, harga villa di beberapa belahan dunia agak mahal. Hal ini disebabkan karena hampir semua fasilitas villa dapat kita nikmati untuk diri sendiri saja, sehingga menimbulkan kesan yang privat nan mahal. Karenanya, bagi Anda para wisatawan yang ingin menghemat uang, sebaiknya tidak memilih villa sebagai tempat akomodasi.

Sudah begitu, peraturan menyewa villa pun sedikit “kejam” apabila dibandingkan dengan guest house. Kita tidak dapat menyewa untuk satu kamar saja, melainkan untuk seluruh bangunan villa yang ada. Rupanya, titik lemah inilah yang menyebabkan harga villa melambung tinggi melampaui guest house.

Guest House


Sumber: werner22brigitte

Guest house merupakan pilihan ideal bagi kita yang suka suasana “home sweet home“. Sebabnya, semua hal di dalam guest house erat kaitannya dengan suasana rumah, sehingga saat kita sampai ke guest house, kita akan serasa disambut oleh keluarga sendiri di tempat yang jauh.

Karena suasana kekeluargaan yang terdapat dalam guest house, kita dapat yakin mengenai harga keseluruhannya yang lebih murah dibandingkan dengan villa. Sudah begitu, pemiliknya juga terasa dekat dengan para penyewanya. Ikatannya tidak se-“mengikat” perjanjian sewa villa, di saat yang sama, pemilik berkomunikasi dalam bahasa yang bersahabat dengan para penyewa guest house. Sungguh menyenangkan!

Sayang sekali, bila dibandingkan dengan villa, fasilitas yang ada dalam guest house tidak terlalu banyak atau pun memadai. Terlebih apabila kita sedang berlibur ke pulau terpencil, di mana fasilitas yang ada cenderung seadanya. Di saat yang bersamaan, hal tersebut berbanding lurus dengan harga sewa guest house yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan villa.

Selain itu, perjalanan wisata untuk wisatawan yang menginap di guest house mungkin akan terasa membosankan. Alasannya, tidak banyak jenis wisata yang dapat dieksplorasi di sekitar guest house. Kalau pun ada, hampir semua tempat wisata di sekitar guest house dapat diraih hanya dengan beberapa menit berkendara, sehingga perjalanan wisata menjadi kurang menantang dibandingkan saat kita menyewa villa.

***

Kesimpulannya, baik itu saat kita memilih villa maupun guest house, kita perlu mempertimbangkan rencana wisata dan budget kita. Bila kita memiliki budget berlebih dan senang bepergian sejauh-jauhnya, villa dengan fasilitas alamiahnya yang kaya dapat menjawab kebutuhan kita untuk menginap. Alternatifnya, guest house dapat menjadi pilihan yang bersaing dengan villa ketika yang kita perlukan adalah harga yang bersahabat dan suasana berlibur yang tidak jauh dari keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *