Serba-Serbi Mengenai Kastil Hohenschwangau yang Mungkin Tidak Kita Ketahui


Sumber: Snufkin

Bila mendengar tentang wisata Jerman, yang di pikiran kita biasanya cenderung pada sepak bola, di mana tim sepak bolanya hampir selalu menjadi juara Piala Dunia. Terlepas dari itu semua, sebenarnya Jerman merupakan negara yang memiliki banyak situs untuk dijadikan tempat wisata.

Kastil Hohenschwangau yang terletak di Alpseestraße 30 ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di daerah Schwangau, Jerman, yang layak untuk dijadikan tempat wisata. Kastil yang sudah ada sejak jaman Bavaria, yakni kira-kira abad ke-12 ini, merupakan kastil yang banyak menyimpan hal menarik.

Tidak hanya soal sejarahnya yang kaya, ternyata ada beberapa serba-serbi kastil Hohenschwangau yang mungkin tidak kita sadari. Berikut ini adalah ulasannya:

1. Makin Ramai Menjelang Penutupan


Sumber: skeeze

Umumnya, tempat-tempat wisata di seluruh dunia yang kita ketahui cenderung ramai antara pada awal-awal pembukaan atau menjelang siang hari. Namun, hal tersebut nampaknya tidak berlaku untuk kastil yang buka tiap hari pukul 08:00 hingga 17:30 waktu Jerman ini.

Berdasarkan pengamatan mengenai data wisatawan yang berkunjung di dalamnya, kastil Hohenschwangau justru makin ramai menjelang penutupan, yakni sekitar pukul 13:00 waktu Jerman hingga waktu yang dekat penutupan, yakni sekitar pukul 17:00. Yang lebih menarik, hal tersebut terjadi hampir tiap waktu.

Mungkin, hal ini disebabkan karena kecenderungan wisatawan yang suka mencicipi sensasi makan malam yang lezat di sekitar kastil yang juga terkenal dengan nama Schloss Hohenschwangau ini. Maklum, kastil bekas kediaman Raja Ludwig II dari Bavaria ini juga memiliki restoran terkenal di dalamnya yang punya hidangan serba enak nan lezat.

2. Pilihan Baik untuk Wisata Sightseeing


Sumber: skeeze

Satu hal yang menonjol dari kastil yang berlokasi di bagian selatan Jerman ini adalah wisatanya yang amat sangat terencana. Tidak cukup hanya dengan memesan tiket secara online, kita perlu untuk berjalan ke ticket center yang berjarak 10 menit dari kastil supaya dapat akses masuk dan bertemu tour guide yang akan mendampingi kita selama kurang lebih 40 menit.

Tidak seperti tempat wisata di negara-negara lainnya, tour guide kastil Hohenschwangau sangat fokus dalam membawa wisatawan berkeliling area kastil yang megah dan besar. Beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi kastil satu ini melaporkan, paling tidak ada 3 bagian kastil Hohenschwangau yang dapat dilihat-lihat sambil berjalan, yakni Cinderella Castle, Neuschwanstein, dan tempat kediaman bangsawan Hohenschwangau itu sendiri.

Bila kita sudah agak malam berada di area kastil, maka pemandangan sekitar kastil akan tampak seperti alam dongeng yang indah berpadu dengan bintang-bintang di langit. Dipadukan dengan adanya beberapa penginapan seperti villa sekitar yang dapat disewa, pesona kastil Hohenschwangau yang cantik namun misterius sangat memikat kita yang suka jenis wisata sightseeing.

3. Ada Restoran dan Tempat Membeli Souvenir


Sumber: Juergen Jannicke

Ini dia yang sering kita lupakan pada saat membahas soal wisata bersejarah. Bagaimanapun juga, sebuah tempat wisata (apalagi di Jerman, yang adalah negara maju) tidak akan lengkap apabila tidak ada “tempat pemanis” semacam restoran atau souvenir.

Dua restoran yang terletak di sekitar area kastil Hohenschwangau membantu meminimalisir nuansa horor yang sering muncul di sekitar kastil, terutama menjelang malam hari. Alpenrose am See dan Allgäuer Stüberl merupakan dua restoran tersebut, di mana restoran-restoran ini menyajikan makanan enak yang sanggup mengobati kelelahan kita sepanjang berjalan-jalan di kediaman kerajaan Bavaria ini.

Misalnya di Alpenrose am See, kita dapat mencicipi Apple Strudel dengan saus dan es krim vanili yang lembut nan lezat seperti yang ada pada gambar pengantar poin ini. Atau, kita juga dapat mencicipi spetzli, hidangan khas bangsa Bavaria, dengan onion ring goreng dan sayur-sayuran sebagai menu vegetarian yang enak di restoran Allgäuer Stüberl.

Tidak berhenti sampai di sana, tempat pembelian souvenir yang terletak di dalam kastil membuat perjalanan kita di sekitar kastil Hohenschwangau menjadi tidak terlupakan. Sekalipun harganya agak mahal, souvenir yang ada sangat memorable untuk dibawa, bahkan saat kita sudah pulang ke negara asal.

***

Ketiga poin serba-serbi kastil Hohenschwangau tersebut membuat kastil ini tidak hanya identik dengan nuansa sejarahnya yang kental. Alih-alih, ada tempat makan dan souvenir yang enak nan memorable serta perjalanan tur yang cocok untuk wisata jenis sightseeing. Psst… Jangan lupa, waktu kunjungan terbatas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *