Suka Melihat Burung Beterbangan? Lihatlah Taman Terbaik untuk Melihat Burung-Burung Berikut Ini


Sumber: Bergadder

Kendati seringkali ukurannya lebih kecil dibandingkan tubuh manusia, burung menjadi salah satu hewan yang menarik untuk dilihat ketika berwisata. Gerakan sayap dan bulunya yang indah dan berwarna-warni tidak henti-hentinya menghibur wisatawan, khususnya mereka yang bertandang ke habitat mereka.

Burung-burung dengan sayap dan gerakan yang indah ini umumnya ditemui di taman nasional suatu negara. Di antara taman nasional yang ada di setiap negara, berikut ini adalah taman nasional yang paling baik bagi wisatawan untuk melihat burung-burung dengan berbagai jenis, ukuran, dan warnanya:

1. Taman Nasional Sembilang


Sumber: MishuHanda

Mungkin tidak terlalu banyak yang mengenal Taman Nasional Sembilang bila dibandingkan dengan taman nasional lain seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Bandung atau Way Kambas di Papua.

Siapa sangka, potensi wisata untuk melihat burung cukup tinggi pada taman nasional yang terletak di Sulawesi Selatan ini. Banyaknya burung migran yang beterbangan membuat mata kita turut disegarkan pada kawasan taman nasional satu ini.

Burung migran yang berasal dari Siberia mendominasi kawasan taman nasional yang termasuk “surga burung tersembunyi” Indonesia ini. Selain burung dari Siberia, ada juga beberapa jenis burung migran lain yang tidak kalah menariknya untuk dilihat, seperti bangau susu dan pelikan putih timur.

Bila ingin merasakan pengalaman melihat burung yang lebih greget, kita dapat naik perahu dengan biaya sebesar 200 ribu rupiah. Biaya itu memang agak mahal, namun itu semua sebanding dengan pengalaman melihat berbagai burung yang ada di kawasan Taman Nasional Sembilang, Sulawesi Selatan ini.

2. Jurong Bird Park


Sumber: dipratt

Sebagai tempat wisata alam Singapura yang paling terkenal, Jurong Bird Park memiliki banyak hal untuk wisatawan dapat nikmati, termasuk koleksi burung lokal dan asingnya yang bertebaran di mana-mana.

Di tempat yang terletak di ujung MRT garis merah ini, kita dapat melihat indahnya sayap dan penampilan burung Brahminy Kite, burung asli Singapura yang termasuk dalam kategori “birds of prey“. Bila dibandingkan dengan vulture, satu lagi jenis bird of prey, Brahminy Kite memiliki ukuran badan dan sayap yang lebih kecil, namun mata yang lebih besar sehingga nampak indah apabila difoto pada jarak dekat atau fokus yang melebar.

Selain Brahminy Kite, ada pula elang laut berwarna perut putih yang tidak kalah lucunya dalam hal penampilan. Ada juga berbagai jenis kakatua dan pelikan langka, seperti kakatua jenis Hyacinth Macaw yang dapat melakukan aksi akrobat dan burung lori yang berwarna merah atau biru dominan dan menjadi simbol pemasaran Jurong Bird Park.

3. Keoladeo Ghana Bird Sanctuary (Taman Nasional Bharatpur)


Sumber: Lokesh Kumar

Bila berbicara mengenai keindahan koleksi burung di taman nasional, mungkin India jarang muncul di pikiran kita. Padahal sebenarnya, negara yang terletak di bagian selatan benua Asia ini juga memiliki tempat wisata tersendiri sebagai trademark-nya untuk melihat pesona burung sebagai salah satu satwanya.

Salah satu taman nasional di India yang terkenal dengan koleksi burungnya adalah Keoladeo Ghana Bird Sanctuary, yang biasa dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Bharatpur. Taman nasional ini mungkin agak jauh lokasinya dari jalan-jalan penting di India, namun ternyata, beberapa villa dan jenis penginapan lain hanya terletak beberapa meter jauhnya dari taman nasional yang memiliki banyak burung indah ini.

Sebelum atau sepuas bersantai dalam penginapan, Anda dapat melihat-lihat aneka burung asal India dalam salah satu taman nasional yang terkenal di daerah Agra-Jaipur ini. Tengok saja beberapa macam burungnya, seperti Indian Courser dan elang bertotol macan dari India, yang memiliki warna bulu dan penampilan yang indah serta eksotis.

Pengalaman wisata melihat burung di Taman Nasional Bharatpur akan lebih maksimal ketika kita mengunjunginya pada musim dingin setempat, yakni bulan Januari hingga Maret. Alasannya, bulan-bulan tersebut memiliki jumlah dan variasi burung yang lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan atau musim-musim lainnya di taman nasional yang terletak di wilayah Rajasthan di India satu ini.

***

Ketiga taman nasional itu dapat kita jadikan rujukan ketika kita hendak melihat keindahan burung-burung yang beterbangan. Dengan adanya berbagai macam variasi burung lokal dan asing serta tingkat kelangkaan yang tinggi, dijamin kita akan makin bangga karena dapat mengabadikan foto-foto tempat burung eksotis di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *