Antara Kebun Bunga atau Kebun Teh, Mana yang Paling Layak Dikunjungi Wisatawan Indonesia Selama Berwisata?


Sumber: MAKY_OREL

Wisata apapun yang melibatkan tanaman menjadi primadona selama beberapa tahun belakangan ini, termasuk di kalangan wisatawan asal Indonesia. Banyak alasan untuk menyukai wisata yang melibatkan tanaman, di antaranya dapat memperoleh banyak pengetahuan dan keadaan sekitar yang lebih santai.

Kebun bunga dan kebun teh merupakan dua wisata tanaman yang paling sering menarik perhatian wisatawan Indonesia. Baik itu lokasinya di luar atau di dalam negeri, kebun bunga dan kebun teh memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, di mana perbandingan kelebihan maupun kekurangan keduanya untuk wisatawan Indonesia dijabarkan sebagai berikut:

Kebun Bunga


Sumber: congerdesign

Terlepas dari asal negaranya, kebun bunga cenderung menitikberatkan pada wisata yang memperkaya pengetahuan seseorang. Adanya label-label berbeda dengan penjelasan masing-masing bunga membuat kebun bunga menjadi pilihan yang baik untuk berwisata bagi mereka yang gemar memperoleh ilmu pengetahuan.

Kebun bunga di dalam maupun luar Indonesia juga cocok untuk kita, para wisatawan Indonesia, yang suka kepo dengan berbagai macam reaksi bunga. Ada beberapa bunga yang kecil dan bernatur sensitif, seperti morning glory, namun ada juga bunga yang busuk namun unik, seperti rafflesia, dan ini semua memiliki kekuatan yang luar biasa dalam merangsang sisi penasaran para wisatawan.

Mengingat banyaknya kebun bunga yang ada di seluruh dunia, mengunjungi kebun bunga mungkin akan menjadi membosankan bagi sebagian wisatawan indonesia. Kecuali bila tempatnya dapat menumbuhkan bunga tidak biasa semacam sakura di Taman Sakura Cibodas atau berwarna-warni seperti aneka kebun bunga di Belanda, rasanya mengunjungi kebun bunga saja tidak cukup saat berwisata.

Beberapa villa juga memiliki kebun bunganya sendiri. Dalam kebun-kebun bunga yang ada, seringkali dekorasi dan keindahannya menyamai kebun bunga di tempat wisata. Karena itu, wisata kebun bunga seolah-olah menjadi mubazir bagi kita yang berlibur dengan menyewa villa.

Kebun Teh


Sumber: Engin_Akyurt

Ketika mengunjungi kebun teh, kita akan merasa damai dengan adanya wangi-wangian daun teh sepanjang perjalanan. Bila digabungkan dengan kombinasi warna biru-hijaunya, kita akan paham kalau kebun teh adalah tempat terbaik untuk wisatawan yang ingin menenangkan diri.

Alasannya, kebun teh di banyak daerah cenderung hanya memiliki undak-undakan daun seperti yang ada pada gambar di atas ini. Selain itu, kebanyakan villa tidak memiliki kebun teh dan wisata kebun teh sendiri bernuansa privat, sehingga wisata kebun teh cocok untuk siapapun yang berlibur dengan menyewa villa.

Kelebihan lain dari kebun teh adalah populasi dunianya yang tidak seberapa banyak dibandingkan dengan kebun bunga. Dengan populasi yang tidak banyak ini, tentunya wisata kebun teh menjadi lebih nikmat untuk dikunjungi, terlebih apabila jenis teh yang ada langka di negara kita, seperti Rooibos di Afrika atau Pu Erh dan Tiekuanyin di China.

Sayang sekali, kita tidak akan menemui label-label dan penjelasan per daun teh dalam tiap tumbuhan teh yang ada. Lagipula dalam kebanyakan kebun teh, teh yang disajikan hanya satu jenis sesuai dengan spesialisasi teh tiap daerah. Karena itu, buat kita yang suka kepo, lebih baik memilih jenis wisata alam atau tanaman lainnya selain kebun teh.

***

Melalui uraian di atas, dapat disimpulkan kebun teh merupakan jenis wisata pemandangan alam yang cocok untuk wisatawan Indonesia, terutama di kota-kota besar. Pengaruh kebun-kebun teh semacam yang ada di Malang atau kebun teh Walini di Bandung dapat menenangkan pikiran, selain itu suasana wisatanya yang privat akan membuat kita dapat menikmati wisata dengan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *