Hendak Berwisata ke Negara Nordik? Tengok 3 Hal Menarik yang Membuat Kita Mengingat Wisata Negara Nordik Berikut Ini


Sumber: Finmiki

“Nordik” merupakan julukan yang disematkan pada negara benua Eropa yang berbatasan dengan Laut Atlantik Utara. Beberapa contoh negara tersebut adalah Swedia, Finlandia, Islandia, Denmark, Norwegia, di mana kelima-limanya juga dikenal dengan “Skandinavia” atau “Skandinavia Peninsula” sebagai nama alternatifnya.

Sayangnya, sedikit yang mengetahui pesona sebenarnya dari negara Nordik. Beberapa di antara wisatawan berwisata ke negara-negara Nordik tanpa adanya bekal pengetahuan yang memadai, karenanya sedikit yang dapat benar-benar mengingat ciri khas dari negara Nordik.

Karena itu, artikel ini hadir untuk memberikan gambaran mengenai 3 ciri khas utama yang membuat negara-negara di kawasan utara Eropa ini menjadi memorable sambil membuat kita tercengang-cengang akan potensi wisatanya yang luar biasa:

1. Pemandangan Cahaya Aurora Berlengkung Menarik


Sumber: Noel_Bauza

Cahaya aurora atau yang disebut juga Aurora borealis ini merupakan ciri khas yang membuat negara-negara Nordik layak untuk dikunjungi para wisatawan. Secara umum, dibandingkan dengan negara-negara lain berfenomena alam sama atau serupa, kelima negara Nordik memiliki pemandangan cahaya aurora yang indah di malam hari.

Kalau kita lihat di gambar atas ini, cahaya yang berwarna-warni cantik ini berpadu serasi dengan salju tanah yang putih di musim dingin, menjadikan suasana alam negara Nordik romantis dan bagus untuk difoto. Bintang-bintang dan benda-benda langit yang bertaburan juga turut membantu menentramkan hati saat melihatnya.

Di antara semua negara Nordik, Islandia dan Finlandia adalah 2 negara yang memiliki pemandangan Aurora borealis yang indah. Reykjavik, ibu kota Islandia, merupakan kota terbaik untuk melihat pemandangan cahaya aurora yang indah tiap pukul 8 malam waktu setempat. Selain itu, provinsi Lapland, daerah yang tenang di Finlandia, juga merupakan tempat yang sama baiknya untuk mengabadikan momen munculnya cahaya aurora di malam hari.

Bagi kita yang berwisata ke negara-negara Nordik dan ingin melihat atau memotret pemandangan cahaya aurora, disarankan untuk mengatur jadwal sekitar November atau Agustus akhir pada pukul 8 malam ke atas. Alasannya, semakin banyak gradasi warna cahaya aurora yang cerah nan menenangkan yang muncul pada waktu-waktu ini.

2. Serba Putih, Es, dan Salju


Sumber: Mariamichelle

Lihat gambar di atas ini? Seperti inilah kira-kira gambaran “lingkungan bersuhu sedingin es” yang ada di semua negara Nordik. Bukan sekadar tempat untuk adu ice skating bersama para penguin, namun hampir seluruh wilayah negara Nordik tertutup es dan putih bersih.

Dari penginapannya saja, kita akan menemukan atap dan pohon kering di taman yang dipenuhi oleh salju berbentuk kapas. Karena itu, kita yang tidak terbiasa beradaptasi dengan udara dingin mungkin akan membutuhkan banyak rangkap pakaian, baik saat tinggal di villa, iglu, atau bentuk penginapan lainnya maupun saat pergi ke tempat-tempat wisatanya.

Negara-negara Nordik juga terkenal dengan kecantikan danau es-nya yang berbeda dengan negara-negara lain. Di wilayah Norwegia sebagai salah satu negara Nordik, Geirangerfjord dan Briksdalsbreen dengan pemandangan es-nya yang tidak bisa meleleh menjadi tempat terbaik untuk wisata alam danau es Nordik, yang dijamin susah ditemukan di negara lain.

Pemandangan putih penuh es ini juga bisa dilihat di sepanjang perjalanan menuju Jukkasjärvi, salah satu daerah di bagian utara Swedia. Bila kita menyusuri jalannya yang panjang di malam hari, kita akan langsung ingat dengan berpadunya jalanan yang putih bersih dengan sinar berwarna-warni yang indah bahkan ketika kita sudah pulang ke rumah masing-masing.

3. Anjing dan Rusa yang Akrab


Sumber: Brad Folkens

Bayangan anjing dan rusa yang hidup akrab dan saling berdampingan mungkin jauh dari benak kita, mengingat preferensi tempat tinggal keduanya yang berbeda. Anjing cenderung homey alias betah di rumah, sementara biasanya kita menemukan rusa di hutan, bagaimana bisa akrab?

Namun, itu semua akan berubah ketika kita sudah menapaki negara-negara Nordik. Pasalnya, anjing dan rusa yang merupakan binatang nasional Nordik merupakan dua spesies yang saling menjadi “partner-in-crime” dalam menyajikan atraksi yang menghibur bagi para wisatawan.

Kalau kita sedang berada di Finlandia, kita akan sering melihat kolaborasi yang indah antara rusa yang menarik kereta dengan pemandangan cahaya aurora yang khas. Dalam beberapa daerah, anjing khas Nordik seperti Siberian Husky pun kerap lewat pada hutan-hutan yang hampir seluruh areanya tertutupi oleh salju kapas dan berada pada area yang sama dengan rusanya.

Keakraban anjing dan rusa di negara Nordik ini juga dapat kita, para wisatawan, lihat pada jenis perkawinan silang di antaranya yang menghasilkan anjing herder separuh rusa dari Lapland. Yang membuat kita semakin mengingat anjing hasil kawin campur ini adalah kenyataan bahwa anjing separuh rusa hanya ada di negara Nordik, sehingga dapat dikatakan anjing dan rusa hanya dapat akur di negara Nordik.

***

Ketiga hal spektakuler tersebut membuat negara Nordik menjadi negara yang berpotensi memorable di mata wisatawan yang pernah mengunjunginya.

Sekalipun mungkin tidak banyak wisatawan yang mengenalnya, negara Nordik dengan pemandangan cahaya auroranya, wisata alam yang serba “putih dan sedingin es”, serta keakraban anjing dan rusa yang anti-mainstream dapat membantu kita mengingat negara ini sekaligus berpikir untuk mengunjunginya terus-menerus.

Akhir kata, dengan adanya ketiga hal ini, masihkah kita ragu dengan potensi negara Skandinavia sebagai tempat wisata alam yang indah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *