Hal-Hal yang Menarik dari Pantai Pasir Panjang di Singkawang, Kalimantan Barat


Sumber: Nap

Bukan rahasia umum kalau Indonesia memiliki banyak wisata yang berhubungan dengan air, termasuk di antaranya pantai. Pantai Pasir Panjang merupakan salah satu pantai yang disebut dengan “surga tersembunyi” di Kalimantan Barat, tepatnya di daerah Singkawang.

Selain terkenal dengan pemandangan pasir pantai dan air serta lautnya yang bersih, Pantai Pasir Panjang juga terkenal dengan berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati anak-anak. Sebut saja voli pantai atau membentuk pasir dari cetakan, di mana kedua kegiatan ini cukup sering dilakukan di pantai yang dekat dengan kota Pontianak ini.

Selain pemandangannya yang indah dan permainan yang dapat dilakukan, berikut ini adalah hal-hal lain yang menarik dan dapat kita temui ketika kita sampai di Pantai Pasir Panjang:

1. Akses ke Berbagai Penginapan


Sumber: Tanjung Bajau Resort Singkawang

Hal yang sering terjadi ketika kita berkunjung ke tempat-tempat wisata “tersembunyi” adalah kita harus membawa tenda, kantong tidur, atau sejenisnya untuk menginap, mengingat tempatnya jauh dari penginapan-penginapan yang ada. Tidak demikian dengan Pantai Pasir Panjang, karena ternyata, ada berbagai penginapan tertutup yang berkualitas baik dan terletak dekat dengan lokasi.

Tanjung Bajau Resort Singkawang adalah salah satu resor yang paling ramai dipesan oleh pengunjung Pantai Pasir Panjang. Bila kita lihat dari gambaran tempat pada foto pengantar poin ini, kita akan tahu kalau Tanjung Bajau Resort Singkawang memiliki ukuran kamar dan ruangan yang luas, sehingga cocok untuk siapapun yang berlibur dan ingin mengunjungi Pantai Pasir Panjang (termasuk orang-orang berbadan besar).

Selain Tanjung Bajau Resort Singkawang, masih ada banyak villa yang tersebar di sekitar Jalan Raya Sedau dan Jalan Padang Pasir, di mana kedua jalan ini merupakan nama jalan yang paling dekat dengan Pantai Pasir Panjang. Villa-villa yang ada pun mewah dengan harga yang terjangkau, sehingga kita tidak akan rugi menginap di dalamnya.

2. Tempat yang Asyik untuk Berjemur


Sumber: Tanjung Bajau Resort Singkawang

Dibandingkan pantai-pantai lainnya, Pantai Pasir Panjang memang unik. Hal ini dikarenakan Pantai Pasir Panjang memiliki “spesialisasi” dalam kegiatan apapun yang berkaitan dengan berjemur di bawah sinar matahari, yang mana berbeda dengan pantai-pantai lain yang cenderung tampak elok saat sore atau malam hari.

Sudah begitu, kita tidak hanya dapat berdiri saja saat berjemur di bawah sinar matahari. Tempat yang bersih nan indah ini juga memiliki banana boat yang dapat kita sewa, di mana banana boat ini dapat menolong kita untuk merasakan pengalaman berjemur di bawah sinar matahari dengan lebih menyeluruh.

Oh, ya, mengingat cuaca dan udara sekitar yang panas, sebaiknya kita menyiapkan beberapa benda pendukung seperti kacamata hitam atau sunblock ber-SPF tinggi. Menyediakan payung sendiri juga merupakan ide bagus, sehingga pengalaman terkena sinar matahari tidak menjadi pengalaman yang menyakitkan.

3. Batu-Batunya Menguji Nyali


Sumber: Mega Saidy

Kalau dilihat dari sudut pandang bird view (yang sering dipakai ketika memfoto objek pantai yang indah satu ini), memang batu-batuannya yang “ajaib” tidak selalu kelihatan. Namun, foto di atas ini memang menarik karena memperlihatkan satu lagi keajaiban yang dimiliki oleh Pantai Pasir Panjang.

Seperti yang kita lihat pada gambar, Pantai Pasir Panjang memiliki ukuran bebatuan yang besar, banyak, dan kuat. Tinggi peletakan bebatuannya juga bervariasi, sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati Pantai Pasir Panjang dari ketinggian.

Akan mengasyikkan ketika berada di puncak bebatuan seperti keempat orang keluarga di foto ini, sehingga cakupan pandangan pantai akan lebih luas daripada sekadar melihat air ataupun pasir pantai saja. Selain itu, perahu yang kecilnya nampak seperti mainan apung dapat membuat kita merasakan “sense of accomplishment” yang sesungguhnya.

***

Ketiga kelebihan itu membuat Pantai Pasir Panjang di Singkawang, Kalimantan Barat menjadi salah satu tempat wisata alam air di Indonesia yang patut kita kunjungi. Dengan adanya berbagai macam penginapan berjarak tempuh dekat dan berbagai aktivitasnya yang menantang nan anti-mainstream, mengapa tidak kita mengunjunginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *